Kamis 10 Mar 2022 05:00 WIB

Studi Skala Besar: Efek Samping Vaksin Covid Pfizer-Moderna Ringan, tak Sebabkan Kematian

Efek samping vaksin Covid-19 Pfizer-Moderna ringan, tidak sampai sebabkan kematian.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang tenaga medis menyiapkan suntikan vaksin Covid-19 Pfizer. Studi terbaru mengungkap bahwa kasus kematian pada orang-orang yang telah divaksinasi tidak terkait dengan suntikan vaksin Pfizer maupun Moderna.
Foto:

Studi ini dipublikasikan tak lama setelah studi lain yang juga mendapatkan temuan menarik diterbitkan. Studi lain yang dilakukan oleh University of Oxford menemukan bahwa paparan Covid-19 bisa membuat beberapa bagian otak mengecil dan memicu penurunan kognitif.

photo
Cara mengatasi efek samping vaksinasi Covid-19. - (Republika)

Studi ini mempelajari dua hasil pemindaian otak dari 785 orang berusia 51 tahun hingga 81 tahun. Sekitar setengah dari para partisipan telah terdiagnosis positif Covid-19. Pemindaian otak ini dilakukan sebelum dan sesudah para partisipan terpapar Covid-19.

Hasil studi menunjukkan bahwa otak para partisipan yang pernah terkena Covid-19 mengecil dengan cepat dibandingkan otak partisipan yang tidak pernah terkena Covid-19. Penurunan ukuran otak ini bahkan terjadi pada partisipan yang hanya mengalami Covid-19 bergejala ringan atau tanpa gejala.

Akan tetapi, perubahan ukuran otak ini tampak lebih jelas pada kelompok lansia. Di tengah gelombang omicron seperti saat ini, para ahli sangat menganjurkan vaksinasi sebagai cara terbaik untuk menjaga kesehatan.

Vaksinasi dapat membantu menurunkan risiko perawatan di rumah sakit dan terjadinya gejala berat bila terpapar Covid-19. Pemberian dosis tambahan atau booster akan semakin mengoptimalkan perlindungan yang telah terbentuk dari vaksinasi sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement