Jumat 25 Feb 2022 03:24 WIB

BRIN Targetkan Kolaborasi Riset Bidang EBT Hingga Antariksa di G20

BRIN mengusulkan empat kegiatan penelitian yang dapat dikerjakan bersama anggota G20.

Energi terbarukan/ilustrasi.
Foto: abc
Energi terbarukan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menargetkan terciptanya kerja sama riset dengan empat topik utama. Empat tema tersebut yakni penelitian tentang keanekaragaman hayati, kelautan, energi baru dan terbarukan (EBT), dan penelitian ruang angkasa dan atmosfer di perhelatan G20.

"Sebagai wujud langkah konkret penguatan kolaborasi, BRIN mengusulkan empat kegiatan penelitian yang dapat dikerjakan bersama anggota G20," kata Pelaksana Tugas Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN Agus Haryono, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga

Agus yang juga sebagai Ketua Pertemuan Inisiatif Riset dan Inovasi G20 atau Research and Innovation Initiative Gathering (RIIG), menilai perlu adanya penguatan kolaborasi penelitian dan inovasi di antara negara anggota G20.

Dalam rangkaian RIIG yang puncak kegiatannya akan dilakukan pada 13 Juli 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat, BRIN mengusulkan dua topik utama yang akan dibahas bersama anggota G20. Dua tema itu yakni meningkatkan kerja sama riset dan inovasi melalui berbagi sarana, infrastruktur dan pendanaan, dan pemanfaatan keanekaragaman hayati untuk mendukung ekonomi hijau dan biru.

Dia berharap pembahasan pada topik tentang peningkatan kerja sama riset dan inovasi di antara negara anggota G20 akan menghasilkan platform kolaborasi yang lebih kuat dan menekankan peran penting riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi.

"Platform kolaboratif yang lebih kuat dan lebih efektif dalam penelitian dan inovasi, khususnya di antara negara-negara anggota G20," katanya.

Indonesia mengajak negara-negara anggota G20 untuk berbagi fasilitas dan infrastruktur penelitian, mengurangi kesenjangan yang ada, dan mengembangkan mekanisme dukungan riset dan inovasi bagi negara-negara anggota. Ia juga berharap G20 akan lebih menekankan nilai dan peran penting penelitian dan inovasi dalam membangun ekonomi dunia yang tangguh.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement