Kamis 24 Feb 2022 14:47 WIB

Rekor! Lebih dari 30 Ribu Peserta Ikuti Penyisihan Kompetisi Matematika Tingkat Nasional

KPM telah menggelar Kompetisi Matematika berbasis suprarasional

Demi meningkatkan kecerdasan anak, KPM telah menggelar Kompetisi Matematika berbasis suprarasional.
Foto: KPM
Demi meningkatkan kecerdasan anak, KPM telah menggelar Kompetisi Matematika berbasis suprarasional.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR ‒ Demi meningkatkan kecerdasan anak, KPM telah menggelar Kompetisi Matematika berbasis suprarasional. Kompetisi yang digelar oleh Klinik Pendidikan MIPA ini telah berlangsung selama 16 tahun dan tahun ini adalah tahun ke-17 dilaksanakannya KMS.

Sebelumnya kompetisi ini bernama Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR), kemudian berganti menjadi Kompetisi Matematika Suprarasional (KMS) pada gelarannya yang ke-16 di tahun 2021 lalu. KMS adalah kompetisi Matematika tingkat Nasional dan terbesar yang diadakan oleh KPM. Kompetisi ini berisi soal-soal yang mengandalkan nalar dan juga berintegrasi dengan karakter sehingga siswa tidak hanya pintar melainkan juga berakhlak baik.

Baca Juga

“Kompetisi ini selalu disambut antusias besar dari anak-anak di setiap tahunnya. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang terus meningkat setiap tahunnya. Tahun lalu, jumlah peserta mencapai 18 ribu siswa dan di tahun ini peserta untuk tahap penyisihan mencapai lebih dari 30 ribu siswa yang tergabung dari 24 daerah di Indonesia,” ujar Ardianto selaku Manajer Lomba di KPM.

Babak penyisihan telah berlangsung pada tanggal 20 Februari 2022 kemarin. Tak hanya itu, kompetisi juga disambut hangat oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kepala Diskominfo Kabupaten OKI, Kepala Dinas Pendidikan OKI, Kapolres wilayah OKI, dan tim Karang Taruna Kabupaten OKI Sumatra Selatan.

Ada beberapa perubahan mengenai teknis lomba pada tahun ini dan tahun sebelumnya. Tahun kemarin, perlombaan hanya dilaksanakan di website pusat dan hanya terdiri dari dua babak. Namun tahun ini tahapan lomba dibagi menjadi tiga babak dan dilaksanakan di pusat maupun cabang.

“Untuk peserta yang akan lolos ke babak semifinal mencapai 50-70% dari jumlah pendaftar di babak penyisihan. Pemenang juga akan diambil dari tiap tingkatan kelas meskipun soal lombanya per dua tingkat kelas,” terang Ardianto.

Peserta yang lolos babak penyisihan selanjutnya dapat mengikuti babak semifinal KMS pada 20 Maret 2022 yang akan dilaksanakan melalui website KPM maupun di berbagai cabang KPM. Sedangkan bagi peserta yang belum berkesempatan menjadi pemenang tak perlu berkecil hati. Sebab, semua peserta akan mendapat sertifikat dan mendapat pengalaman yang sama berupa peningkatan literasi dan numerasi. Informasi seputar kegiatan KPM lainnya dan pengumuman hasil babak penyisihan KMS ke-17 akan diumumkan pada 6 Maret 2022 melalui website KPM di laman www.kpm.read1institute.org serta melalui cabang masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement