Rabu 23 Feb 2022 20:27 WIB

Fitur Pengingat untuk Istirahat Bantu Pengguna Instagram Kelola Waktu Penggunaan Aplikasi

Fitur Pengingat untuk Istirahat bantu pengguna atur batas waktu gunakan Instagram.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Fitur Pengingat untuk Istirahat di Instagram.
Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Fitur Pengingat untuk Istirahat di Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama beberapa tahun terakhir, Instagram dan Facebook telah menawarkan cara untuk mengetahui berapa lama pengguna menggunakan aplikasi dan opsi untuk menetapkan batas waktu penggunaan harian. Meta mengatakan langkah tersebut untuk memberi orang lebih banyak kontrol atas lamanya waktu yang mereka habiskan di aplikasi dan mendorong percakapan antara orang tua dan remaja tentang kebiasaan daring yang sehat.

Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi, mengatakan, fitur Pengingat untuk Istirahat atau Take a Break bertujuan untuk membantu pengguna dalam membuat keputusan yang tepat saat menghabiskan waktu mereka di Instagram. Jika seseorang telah menggulir dalam jangka waktu tertentu, Instagram akan meminta mereka untuk beristirahat dan menyarankan agar mereka mengatur pengingat di masa mendatang.

Baca Juga

"Fitur Take a Break bisa diakses di tab Kelola Waktu, sama seperti dengan fitur Batas Harian yang memberi tahu pengguna jumlah waktu yang mereka habiskan di Instagram setiap hari serta menawarkan kemampuan untuk mematikan notifikasi dari Instagram," kata Putri melalui keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (23/2/2022).

Melalui akun Twitter-nya, Instagram juga telah menjelaskan soal fitur Batas Harian. Fitur Batas Harian menunjukkan pemberitahuan ketika pengguna telah mencapai batas penggunaan hariannya.

"Sementara itu, fitur terbaru kami, yakni Pengingat untuk Istirahat, menunjukkan pengingat layar penuh untuk meninggalkan aplikasi dengan interval pemberitahuan tiap 10 menit," kata @InstagramComms.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement