Rabu 23 Feb 2022 08:47 WIB

Lapisan Es Greenland Jadi Bendungan Terbesar di Dunia

Lelehan es Greenland menjadi sumber panas yang mempercepat pencairan es.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Greenland
Foto: greenland.go
Greenland

REPUBLIKA.CO.ID, GREENLAND -- Para peneliti telah mengamati tingkat pencairan yang sangat tinggi di bagian bawah Lapisan Es Greenland (Greenland Ice Sheet). Pencairan es ini disebabkan oleh sejumlah besar air lelehan yang jatuh dari permukaan ke dasar.

Saat air lelehan jatuh, energi diubah menjadi panas dalam proses seperti pembangkit listrik tenaga air yang dihasilkan oleh bendungan besar. 

Baca Juga

Tim ilmuwan internasional, yang dipimpin oleh University of Cambridge, menemukan bahwa efek air lelehan yang turun dari permukaan lapisan es ke dasar (satu kilometer atau lebih di bawahnya) sejauh ini merupakan sumber panas terbesar. Ini mengarah ke tingkat pelelehan yang sangat tinggi di dasarnya.

Efek pelumasan air lelehan memiliki efek yang kuat pada pergerakan gletser dan jumlah es yang dibuang ke laut. Namun, mengukur secara langsung kondisi di bawah satu kilometer es merupakan tantangan, terutama di Greenland, di mana gletser termasuk yang paling cepat bergerak di dunia.

Kurangnya pengukuran langsung ini membuat sulit untuk memahami perilaku dinamis Lapisan Es Greenland dan memprediksi perubahan di masa depan. Dengan hilangnya es yang terkait dengan pencairan dan pelepasan, Lapisan Es Greenland sekarang menjadi kontributor tunggal terbesar untuk kenaikan permukaan laut global.

Sekarang, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Aacademy of Sciences, tim yang dipimpin Cambridge telah menemukan bahwa energi gravitasi dari air lelehan yang terbentuk di permukaan diubah menjadi panas ketika dipindahkan ke dasar melalui retakan besar di es.

Setiap musim panas, ribuan danau dan aliran air lelehan terbentuk di permukaan Lapisan Es Greenland saat suhu naik dan sinar matahari harian meningkat. Banyak dari danau ini dengan cepat mengalir ke dasar lapisan es, jatuh melalui retakan dan patahan besar yang terbentuk di dalam es. Dengan pasokan air yang terus menerus dari aliran sungai dan sungai, hubungan antara permukaan dan dasar sering kali tetap terbuka.

Sebagai bagian dari proyek RESPONDER yang didanai Uni Eropa, Profesor Poul Christoffersen dari Cambridge’s Scott Polar Research Institute telah mempelajari danau air lelehan ini, bagaimana dan mengapa mereka mengering begitu cepat, dan pengaruhnya terhadap perilaku lapisan es secara keseluruhan sebagai suhu global terus meningkat.

Pekerjaan saat ini, yang mencakup para peneliti dari Aberystwyth University, adalah puncak dari studi tujuh tahun yang berfokus pada Store Glacier, salah satu pengaliran terbesar dari Lapisan Es Greenland.

“Saat mempelajari pencairan dasar lapisan es dan gletser, kami melihat sumber panas seperti gesekan, energi panas bumi, panas laten yang dilepaskan di mana air membeku dan kehilangan panas ke es di atasnya,” kata Christoffersen, dilansir dari Phys, Selasa (22/2/2022).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement