Selasa 22 Feb 2022 16:36 WIB

Daftar Aplikasi Medsos yang Tinggalkan Jejak Karbon Terbanyak

TikTok meninggalkan jejak karbon paling banyak.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Beragam media sosial (ilustrasi)
Foto: Alexander Shatov Unsplash
Beragam media sosial (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebuah situs web yang berbasis di Inggris meluncurkan penghitungan baru yang memungkinkan pengguna dapat mengetahui jejak karbon mereka saat menggunakan aplikasi media sosial (medsos). Selama dekade terakhir, penggunaan medsos telah meningkat karena popularitas aplikasi medsos yang semakin populer, seperti TikTok dan Instagram.

Medsos membantu orang agar tetap berhubungan dengan orang yang mereka cintai dan memungkinkan orang untuk tetap up to date dengan berita dan tren terbaru dari seluruh dunia. Namun, setiap tindakan memiliki harga yang harus dibayar. Terbukti, penggunaan aplikasi medsos yang meningkat berdampak pada lingkungan.

Baca Juga

Compare the Market mengatakan penghitungan emisi karbon medsos memungkinkan pengguna untuk menghitung berapa banyak karbon yang mereka keluarkan saat menggulir feed aplikasi medsos favorit mereka. Menurut situs tersebut, TikTok meninggalkan jejak karbon paling banyak dengan emisi sebesar 2,63 gCO₂Eq per menit.

Posisi tersebut disusul oleh Reddit dengan 2,48 gCO₂Eq lalu Pinterest, Instagram, dan Snapchat menduduki posisi lima besar dengan masing-masing 1,30, 1,05 dan 0,87 gCO₂Eq. Sementara itu, YouTube memiliki dampak paling kecil di antara sepuluh aplikasi medsos yang diuji dengan total emisi karbon 0,46 gCO₂Eq per menit.

Aplikasi medsos lain yang relatif ramah lingkungan termasuk Twitch dengan 0,55 gCO₂Eq per menit, Twitter pada 0,60 gCO₂Eq per menit, LinkedIn pada 0,71 gCO₂Eq per menit, dan Facebook pada 0,79 gCO₂Eq per menit.

Hitung jejak karbon medsos

Dikutip Screenrant, Selasa (22/2), penghitungan ini membantu pengguna medsos menghitung jumlah emisi karbon yang menjadi tanggung jawab kebiasaan daring mereka. Untuk menghitung jejak karbon medsos seseorang, Anda bisa masukkan jumlah menit yang dihabiskan di setiap platform media sosial setiap hari di situs https://www.comparethemarket.com.au/energy/features/social-carbon-footprint-calculator/.

Setelah memasukkan data, ketuk tombol “Calculate” yang akan memberikan pengguna emisi karbon harian dan tahunan mereka dari setiap platform. Menurut perhitungan, menghabiskan lima menit di setiap platform medsos utama setiap hari sama dengan lebih dari 20 kilogram karbon setahun. Jumlah tersebut sama dengan mengemudi 84,5 kilometer.

Emisi rata-rata per menit untuk setiap aplikasi bersumber dari laporan tahun 2021 oleh Greenspector yang mempelajari dampak lingkungan dari penggunaan medsos. Studi ini mengukur umpan berita dari sepuluh aplikasi medsos paling populer secara global, termasuk Facebook, Instagram, LinkedIn, Pinterest, Reddit, Snapchat, TikTok, Twitch, Twitter, dan Youtube.

Menurut laporan itu, perbandingan tersebut mempertimbangkan dampak karbon, konsumsi energi, dan pertukaran data aplikasi. Pengukuran dilakukan menggunakan smartphone Samsung Galaxy S7 yang menjalankan Android 8.

Menemukan jejak karbon medsos bukan hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk mengurangi emisi. Sebab, kontributor paling signifikan terhadap emisi karbon adalah apa yang seseorang makan, bagaimana mereka bepergian, dan bagaimana mereka menggunakan listrik di rumah.

Jadi, orang yang benar-benar tertarik untuk membantu lingkungan harus mengurangi daging dan produk hewani, menggunakan transportasi umum atau bersepeda daripada mengemudi, dan menjaga termostat atau AC pada tingkat yang wajar karena ini merupakan kontributor paling signifikan terhadap global pemanasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement