Senin 21 Feb 2022 21:54 WIB

Smartphone Apa yang Harganya Paling Gampang Anjlok?

Harga smartphone biasanya turun setelah pemakaian tertentu.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Smartphone. Ilustrasi.
Foto: Techradar
Smartphone. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pengguna gawai biasanya akan melakukan penggantian smartphone dalam beberapa tahun. Oleh  karena itu, beberapa pengguna memperhatikan resale value sebuah produk agar bisa lebih dimudahkan saat akan melakukan upgrade gawai.

Dikutip dari ZD Net pada Senin (21/2), terdapat sebuah trade-in site bernama BankMyCell yang mencatat resale value dari sekitar 500 smatphone. Dari situ, terlihat gawai apa saja yang mengalami penurunan harga paling tajam.

Baca Juga

BankMyCell membagi gawai dalam tiga kategori. Ketiga kategori itu adalah iPhone, Android flagship dan Android avarage budget.

Dalam daftar tersebut, terlihat bahwa Samsung Galaxy S21 dan S20 mengalami penurunan harga dua kali lebih anjlok dibanding iPhone 11 dan iPhone 12.

Sedangkan foldable phones seperti Samsung Galaxy Z Fold 3 turun setengah harga dalam lima bulan pemakaian.

Kemudian, gawai Android avarage budget tercatat mengalami penurunan nilai sebesar 41 persen dalam satu tahun. Sedangkan Google Pixel dan OnePlus turun setengah harga dalam tiga puluh hari saja.

Untuk iPhone, penurunan resale value yang paling tinggi terjadi pada iPhone SE 2020. Karena, gawai itu turun harga sekitar 38 persen dalam delapan bulan.

Dari seluruh penurunan itu, BankMyCell pun merangkum perbandingan penurunan iPhone dan Android. Dalam waktu sekitar 4 tahun, resale value beberapa produk iPhone turun sekitar 14 persen.

Sedangkan Android turun 32 persen. Di atas 4 tahun, iPhone turun 47 persen sedangkan Android turun 78 persen.


Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement