Rabu 16 Feb 2022 12:56 WIB

Chrome OS Flex, Ubah PC Jadul atau Mac Jadi Chromebook

Chrome OS Flex didasarkan pada kode inti yang sama dengan Chrome OS.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Chrome OS Flex
Foto: google
Chrome OS Flex

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Banyak laptop tua yang sudah tidak terpakai lagi karena perangkat lunak yang ketinggalan zaman atau tidak berfungsi. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan memasukkan Chrome OS Flex, yaitu sistem perangkat lunak baru dari Google.  

Anda dapat menggunakannya untuk menginstal Chrome OS di mesin berbasis Windows atau Mac. Ini pada dasarnya mengubah laptop, PC, atau Mac menjadi Chromebook atau Chromebox secara gratis.

Baca Juga

Google mendorong Flex sebagai cara murah bagi administrator IT bisnis dan pendidikan untuk menggunakan Chromebook dengan biaya yang sangat sedikit. Namun, sistem ini gratis dan juga terbuka untuk umum yang memungkinkan pengguna individu untuk menggunakan kembali mesin lama atau sekadar melihat apa itu Chrome OS.

Chrome OS Flex didasarkan pada kode inti yang sama dengan Chrome OS yang sudah terpasang sebelumnya di Chromebook. Ini berarti Anda mendapatkan akses ke sistem operasi penuh, integrasi Asisten Google, pembaruan bulanan, dukungan Google Play Store, dan banyak lagi. Flex memasuki akses awal pada Selasa (16/2/2022).

Anda dapat mencoba Flex hanya dengan stik USB. Dengan menggunakan rangkaian perangkat lunak yang disediakan, Anda dapat membuat bootable disk dengan thumb drive yang sudah Anda miliki.

Dikutip Android Authority, Rabu (16/2/2022), Anda bisa mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Google dan dapat menggunakan komputer saat melakukan booting dari drive tersebut serta menjalankan uji coba Chrome OS Flex. Jika Anda tidak menyukainya, Anda bisa mengeluarkan thumb drive, memformatnya, dan melanjutkan.

Jika Anda menyukainya, Anda dapat beralih dari stik USB untuk menginstal Flex sepenuhnya di sistem Anda. Google memberi Anda alat perangkat lunak untuk melakukannya pada sistem berbasis Windows dan Mac. Ini dapat menghidupkan kembali komputer lama, meskipun usianya sudah mencapai 13 tahun.

Chrome OS Flex adalah perkembangan alami dari CloudReady yang berfungsi dengan cara yang hampir sama seperti Flex. Google mengakuisisi Neverware, perusahaan yang mengembangkan CloudReady pada tahun 2020 dan sekarang Flex adalah versi produk yang disetujui Google.

Jika Anda sudah menggunakan CloudReady, Google akan secara otomatis memperbarui ke Chrome OS Flex setelah perangkat lunak keluar dari tahap akses awal. Google tidak memberikan informasi komitmen waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement