Senin 14 Feb 2022 10:08 WIB

Cegah Kepunahan, Warga Afrika Selatan Buat Terowongan Khusus Katak

Tantangan terbesar melestarikan katak adalah jalanan mobil.

Katak (ilustrasi)
Foto:

Banyak kolam alamiah tempat katak berkembangbiak tersebar di banyak area pinggiran kota. Oleh sebab itu, pendiri Toad NUTS Alison Faraday ingin warga lokal mengenal bahaya yang mengancam katak. Mobil hanya salah satu ancamannya. Kolam renang serta hewan peliharaan juga jadi ancaman bagi katak.

"Kalau sudah mendekati masa katak berkembangbiak, kami ingin mengadakan acara penyuluhan untuk mendidik masyarakat tentang migrasi yang terjadi tepat di depan muka mereka selama musim dingin," ucap Alison Faraday.

Menyulut empati warga bagi katak

Langkah itu juga menolong agar orang punya simpati dan semacam empati bagi katal. "Katak bukan mamalia, jadi kami harus berusaha menggerakkan orang untuk menyukai katak ibaratnya mereka mamalia, dan berusaha melindungi katak di kebun-kebun dan tepian kota," ucap Alison Faraday.

Seperti halnya hewan lainnya yang terancam punah, kehilangan ruang hidup adalah masalah serius. Organisasi ToadNUTS saat ini secara legal berusaha mencegah pelaksanaan rencana pelebaran jalanan. Karena jika terlaksana, itu akan memusnahkan tiga telaga tempat katak berkembangbiak.

Ancaman bukan hanya untuk satu spesies 

Ahli lingkungan hidup mengatakan, masalah seperti ini tidak hanya ditemukan di Cape Town, atau hanya menyangkut katak Western Leopard saja. Dr Jeanne Tarrant, kepala Threatened Amphibian Programme - Endangered Wildlife Trust mengatakan, secara global dan di Afrika Selatan kita sudah kehilangan 70 persen habitat hewan di kawasan basah, mulai dari kawasan basah sepanjang pantai hingga daerah padang rumput. 

Dia mengatakan ada banyak spesies katak yang terancam yang diasosiasikan dengan habitat-habitat ini di seluruh negeri. Sekitar 40 persen spesies amfibi di dunia terancam punah.

Walaupun ini masalah global, para relawan dari ToadNUTS bertekad ikut berandil di daerah mereka sendiri. Mereka berharap, program intervesi dan edukasi mereka, setidaknya akan bisa menjaga kelestarian katak Western Leopard. 

 

 

 

sumber: https://www.dw.com/id/jembatan-penyeberangan-katak/a-60589294

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement