Senin 14 Feb 2022 05:05 WIB

Virus Corona Seperti 'Mengunyah' Plasenta, Ini Dampak Kerusakannya Bagi Janin

Studi dari 12 negara mengungkap virus corona bisa merusak plasenta, bahayakan janin.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil memperlihatkan hasil USG janinnya. Ibu hamil diserukan untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Studi terbaru mengungkap bahaya virus corona terhadap janin.
Foto:

Menurut peneliti, hampir seluruh plasenta yang mereka teliti memiliki tiga ciri yang dikenal sebagai SARS-CoV-2 placentitis. Ketiga ciri tersebut adalah deposit fibrin yang besar, kematian sel-sel di dalam trofoblas, dan inflamasi tak biasa bernama intervillositis histiositik kronis.

photo
Cara Penyebaran dan Pencegahan Virus Corona - (Republika)

Schwartz dan tim menekankan bahwa vaksinasi Covid-19 dan terapi antivirus dapat menurunkan kemungkinan SARS-CoV-2 menginfeksi plasenta pada ibu hamil. Schwartz mengatakan, dia tidak mengetahui adanya kasus serupa pada perempuan hamil yang sudah vaksinasi.

Studi lain yang lebih dulu dilakukan oleh National Institutes of Health juga menemukan adanya hubungan antara infeksi Covid-19 yang sedang-parah pada ibu hamil dengan risiko yang lebih tinggi terhadap komplikasi kehamilan lainnya. Risiko tersebut di meliputi operasi caesar dan kelahiran prematur, kematian saat melahirkan, perdarahan pascapersalinan, dan infeksi non Covid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement