Sabtu 12 Feb 2022 18:05 WIB

Jelang World Championship, IESPA Gabung PB eSports Indonesia

IESPA telah terpilih menjadi panitia penyelenggara IESF World Championship

Rep: Ronggo Astungkoro / Red: Satria K Yudha
Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia atau Indonesian eSports Association (IESPA) kini berinduk di bawah PB eSports Indonesia.
Foto: Istimewa
Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia atau Indonesian eSports Association (IESPA) kini berinduk di bawah PB eSports Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia atau Indonesian eSports Association (IESPA) kini berinduk di bawah PB eSports Indonesia (ESI). Bergabungnya IESPA itu diharapkan dapat semakin mengembangkan prestasi eSports di Tanah Air, terlebih di tahun penyelenggaraan pertandingan dan liga eSports. 

 

"Dengan bergabungnya IESPA tentunya ini kita harapkan kita ini lebih fokus mengembangkan prestasi eSports di Tanah Air," kata Ketua Harian PB ESI Bambang Sunar Wibowo dalam siaran pers, Sabtu (12/2). 

 

Bambang mengungkapkan, pada 2022 akan banyak diselenggarakan berbagai pertandingan maupun liga eSports yang ada di Indonesia. Pertandingan-pertandingan itu, kata Bambang, bersifat nasional maupun Internasional. 

 

"Saya dari PB ESI ini berterima kasih kepada upaya Diaz Hendropriyono menyatukan kami PB ESI dengan Ibnu Riza beserta jajarannya," ujar Bambang. 

 

Ketua Umum IESPA Ibnu Riza menyerahkan surat resmi berinduknya IESPA di bawah PB ESI di Gandaria, Jakarta Selatan. Ibnu menyatakan, seluruh pengurus IESPA di daerah akan bergabung dan berkontribusi terhadap PB ESI sebagai satu-satunya organisasi induk eSports di Indonesia. 

 

Serah terima tersebut juga dihadiri Diaz Hendropriyono, Staf Khusus Presiden yang juga duduk sebagai dewan pembina, baik di IESPA maupun di PB ESI yang didirikan oleh Budi Gunawan, yang kini juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara. 

 

"Tugas saya sebagai pembina untuk memastikan bahwa kita tetap berkomitmen pada apa yang kita tegaskan dari awal," kaya Diaz. 

 

Diaz mengatakan, terpilihnya Ibnu sebagai Ketua Umum IESPA merupakan suatu gerakan untuk menekankan dan menguatkan komitmen organisasi itu berada dalam satu payung. Dia berharap Ibnu dengan jajarannya di IESPA untuk selalu berkoordinasi dengan PB ESI agar bisa berjalan beriringan sesuai arahan. 

 

Ibnu baru dilantik sebagai Ketua Umum IESPA yang baru menggantikan Eddy Liem, yang juga merupakan pendiri IESPA sejak awal 2000. Meskipun baru resmi menginduk, IESPA telah mendukung PB ESI dalam menyelenggarakan cabang eksibisi eSports di PON XXV Papua tahun lalu. 

 

IESPA juga telah terpilih untuk menjadi panitia penyelenggara IESF World Championship yang akan mengundang atlet eSports dari 120 negara. Kejuaraan tersebut rencananya akan digelar pada akhir 2022. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement