Rabu 09 Feb 2022 03:00 WIB

Mengenal Objek-Objek Terbesar di Alam Semesta

Tembok Besar Hercules-Corona Borealis dikenal sebagai struktur terbesar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Alam semesta (ilustrasi)
Foto:

 

Semburan sinar gamma dianggap sebagai indikasi yang baik tentang di mana massa besar benda berada di alam semesta, karena bintang-bintang besar cenderung berkumpul di lingkungan yang lebih padat. Horvath dan rekan-rekannya menemukan sinar gamma terutama terkonsentrasi sekitar 10 miliar tahun cahaya ke arah konstelasi Hercules dan Corona Borealis.

Satu makalah tahun 2020 dari jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society menyebut keberadaan Tembok Besar Hercules-Corona Borealis “sangat diragukan”, menunjukkan bahwa itu bisa menjadi kesalahan statistik dalam data yang sangat rumit. Tetapi tim asli yang pertama kali mengusulkan keberadaan superkluster mendukung temuan asli mereka dalam makalah 2020 mereka sendiri di jurnal yang sama.

Berikut ini adalah daftar objek terbesar yang ada di Tata Surya:

· Planet terbesar: Jupiter, kira-kira 142.984 km, sekitar 11 kali diameter Bumi

· Bulan terbesar: Ganymede, yang mengorbit Jupiter, berdiameter sekitar 5.268 km) dan sedikit lebih besar dari planet Merkurius.

· Gunung tertinggi: Olympus Mons di Mars, tingginya sekitar 25 km dan tiga kali tinggi Gunung Everest di Bumi.

· Ngarai terbesar: Valles Marineris di Mars, panjangnya lebih dari 3.000 km, lebar 600 km, dan kedalaman 8 km.

· Kawah terbesar: Utopia Planitia di Mars, yang diperkirakan berdiameter 3.300 km). Itu adalah area pendaratan umum pesawat ruang angkasa Viking 2 yang mendarat di sana pada 1976.

·  Asteroid terbesar: Vesta, yang lebarnya 530 km. Terletak di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

 

· Planet kerdil terbesar: Pluto adalah planet kerdil terbesar, dengan diameter 2.370 km. Itu pernah dianggap lebih kecil dari planet kerdil Eris, tetapi pengukuran Pluto dikonfirmasi dari dekat oleh pesawat ruang angkasa New Horizons pada 2015.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement