Kamis 27 Jan 2022 14:01 WIB

Cara Gunakan WhatsApp Web Saat Ponsel Mati

Anda harus bergabung dengan multi-perangkat beta.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
WhatsApp
Foto: EPA
WhatsApp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tadinya WhatsApp Web hanya bisa menampilkan obrolan Anda ke antarmuka pengguna perangkat yang ditautkan. Ini berarti, Whatsapp Web tidak akan berfungsi pada perangkat yang terhubung saat ponsel Anda kehabisan baterai atau tidak terhubung internet.

Namun, sekarang, WhatsApp Web dapat digunakan jika ponsel Anda sedang offline. Caranya cukup mudah, yaitu perbarui WhatsApp di perangkat seluler Anda dengan mencari WhatsApp di Appstore atau Google Playstore. Kemudian masuk kembali ke perangkat Anda yang tertaut.

Baca Juga

Jika opsi di atas tidak bekerja untuk Anda, Anda harus bergabung dengan multi-perangkat beta. Anda dapat menemukan fitur ini di bagian Perangkat Tertaut di aplikasi seluler WhatsApp Anda. Bergabunglah dengan versi beta lalu masuk kembali ke perangkat tertaut Anda.

Setelah bergabung dengan versi beta, Anda tidak perlu khawatir jika ponsel Anda mati daya atau terputus koneksi internet. Sekarang Anda dapat menggunakan WhatsApp Web atau aplikasi desktop di beberapa perangkat sekaligus.

Meskipun pengalaman Anda mungkin berbeda, WhatsApp menyebutkan beberapa batasan pada pembaruan. Pertama Anda tidak dapat membuat atau melihat daftar siaran di perangkat yang ditautkan. Kedua, pratinjau tautan tidak berfungsi di web WhatsApp. Terakhir, Anda mungkin mengalami kesulitan menelepon atau mengirim SMS kepada orang yang menggunakan WhatsApp versi lama.

Fitur WhatsApp tambahan ini sedikit melegakan karena Anda tidak perlu lagi bergantung pada ponsel untuk mengobrol dengan orang lain melalui web atau aplikasi desktop. Meskipun Anda akan tetap masuk di aplikasi desktop WhatsApp, berhati-hatilah saat menggunakan versi web karena membersihkan cache browser akan membuat Anda keluar meskipun masih terhubung ke ponsel Anda. Jadi, Anda mungkin ingin menghindari pembersihan cache sampai ponsel Anda kembali ke gambar.

Cara menghapus perangkat tertaut dari jarak jauh di WhatsApp

Dikutip Makeuseof, Kamis (27/1), memiliki beberapa perangkat yang terhubung di WhatsApp bisa sangat berguna. Namun, Anda mungkin ingin memutuskan sambungan perangkat dari jarak jauh untuk alasan keamanan.

Untuk melakukannya di iOS, Anda bisa buka “Pengaturan” di kanan bawah aplikasi seluler WhatsApp dan ketuk “Perangkat Tertaut.” Di Android, ketuk tiga titik vertikal di kanan atas dan pilih “Perangkat yang ditautkan.” Pilih perangkat yang ingin Anda putuskan sambungannya dan ketuk “Keluar.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement