Senin 17 Jan 2022 13:41 WIB

Begini Cara Facebook, Google, dan Apple Tangani Akun Pengguna yang Telah Meninggal

Facebook menerapkan konsep penunjukan kontak warisan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Logo Facebook, Apple dan Google, Perusahaan teknologi memiliki sejumlah cara untuk menangani akun pengguna yang telah meninggal dunia.
Foto:

Google

Google menerapkan Pengelola Akun Tidak Aktif (IAM) yang memungkinkan Anda memberi tahu orang dan berbagi data jika Anda tidak aktif selama jangka waktu tertentu. Aktivitas ini berarti penggunaan Gmail atau masuk ke salah satu layanan perusahaan.

Masa tunggu IAM dapat disetel menjadi tiga, enam, 12, atau 18 bulan. Google akan tetap mencoba menghubungi Anda melalui email atau SMS sebelum mengambil tindakan apa pun. Anda dapat menunjuk hingga 10 kontak tepercaya yang akan diberi tahu saat Anda dinyatakan tidak aktif. Setiap kontak harus memiliki alamat email dan nomor telepon untuk memverifikasi diri mereka sendiri.

IAM memungkinkan Anda memberi tahu orang dan berbagi data dengan mereka jika Anda tidak aktif selama jangka waktu tertentu. Anda dapat memilih untuk menghapus akun Google Anda sendiri, tetapi kontak tepercaya masih akan mendapatkan waktu hingga tiga bulan untuk mengunduh data apa pun yang mereka izinkan aksesnya. 

Jika Anda tidak memiliki IAM aktif, keluarga harus mengirimkan permintaan untuk mengakses data Google atau menutup akun orang yang meninggal tersebut. Ini akan melibatkan ID pemerintah dan sertifikat kematian.

Apple

Dikutip Android Authority, Senin (17/1), pemilik iPhone, iPad, dan Mac dapat menunjuk “Kontak lama” sebagai cara Apple untuk menangani kematian penggunanya. Opsi ini hanya ada di iOS 15.2, iPadOS 15.2, dan macOS 12.1 yang semuanya dirilis pada Desember 2021.

Kontak lama adalah teman atau keluarga yang diizinkan mengakses data yang terkait dengan ID Apple Anda, termasuk foto, pesan, catatan, file, app, dan atau cadangan perangkat. Namun, mereka tidak dapat mengakses kata sandi di rantai kunci Anda, musik, film, buku, atau langganan apa pun yang telah Anda beli. Anda dapat menambahkan kontak lama dengan masuk ke menu Kata Sandi & Keamanan di bawah ID Apple Anda yang dapat ditemukan di aplikasi Pengaturan iOS/iPadOS atau Preferensi Sistem di Mac.

Untuk meminta akses ke data Anda, mereka tetap harus menyediakan kunci akses dan sertifikat kematian. Jika mereka ingin akun Anda dihapus, mereka akan memerlukan ID Apple Anda (hanya alamat email, bukan kata sandi), ID Apple mereka sendiri, dan dokumentasi hukum yang berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Jika Apple sudah menyetujui akses ke data Anda, kontak warisan juga bisa mendapat ID Apple khusus untuk mengunduh data dalam batas waktu tiga tahun. Ini juga menonaktifkan Kunci Aktivasi pada perangkat apa pun yang Anda miliki.

 

Penting bagi kontak lama untuk saling berkoordinasi. Dengan dokumentasi yang tepat, salah satu dari mereka dapat meminta agar akun Anda dihapus setelah Anda meninggal yang berpotensi menyebabkan kekacauan jika seseorang membutuhkan sesuatu untuk alasan pribadi atau profesional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement