Ahad 16 Jan 2022 17:13 WIB

Ini Cara Blokir Iklan Youtube di Android dan Komputer

YouTube masih menampilkan satu atau dua iklan di sebagian besar video.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Agung Sasongko
YouTube
Foto:

Metode satu

Anda cukup mengunduh aplikasi pemblokir iklan pihak ketiga di ponsel pintar Android Anda. Cukup buka Play Store dan instal aplikasi “Free Browser Adblocker: Adblock & Private Browser”.

Meskipun Anda dapat memilih untuk mengunduh aplikasi lain, India Today mencoba layanan ini karena cukup efektif. Ini pada dasarnya adalah browser, yang membantu memblokir sebagian besar iklan di situs manapun yang Anda kunjungi menggunakannya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakannya untuk YouTube. 

Sebelum Anda mulai menggunakannya, aplikasi menanyakan mesin pencari mana yang akan Anda gunakan dan Anda dapat memilih Google jika Anda tidak ingin mencoba layanan lain. Kemudian ketik YouTube di search bar dan mulai gunakan YouTube tanpa iklan apa pun. Anda tidak akan diminta untuk masuk merupakan hal yang baik untuk pengguna yang sadar akan privasi.

Bagaimana dengan pengumpulan data dan privasi? Aplikasi tidak meminta izin apa pun, tetapi mengumpulkan beberapa data, yang menurut perusahaan adalah untuk memberikan layanan yang lebih baik.

Kebijakan privasi aplikasi mengatakan ia menawarkan fitur dan layanan melalui interface layanan cloud, seperti berita, cuaca, riwayat pencarian, sinkronisasi bookmark, pemberitahuan, dan pembaruan produk. Jadi untuk memastikan pengoperasian layanan cloud, ia mengumpulkan beberapa data yang diperlukan, termasuk nama paket produk Anda, versi produk, waktu pemasangan produk, kode negara, bahasa sistem, dan zona waktu sistem, resolusi layar, serta informasi perangkat lainnya. Kebijakan tersebut mengatakan layanan tersebut dapat mengumpulkan alamat IP Anda untuk membantu mendiagnosis masalah dengan server mereka dan untuk mengelola situs web.

“Kami menggunakan alamat IP hanya untuk tujuan ini dan menyimpan log akses situs web hingga enam bulan,” ujar aplikasi. Bahkan menyimpan catatan tentang apa yang telah Anda unduh dari situs web, situs dengan pemblokiran iklan yang dinonaktifkan pengguna, dan pengaturan browser Anda. Kebijakan tersebut dengan jelas menyatakan bahwa ia dapat membagikan data dengan layanan pihak ketiga dalam keadaan tertentu, tetapi hanya dengan persetujuan Anda. 

Aplikasi ini telah diunduh oleh jutaan pengguna di Play Store. Pengguna yang sadar privasi dapat menggunakan aplikasi ini untuk YouTube tanpa masuk ke akun Google mereka. Juga, pastikan Anda tidak memberikan izin apa pun ke aplikasi ini di ponsel Android Anda.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement