Kamis 13 Jan 2022 13:44 WIB

Marketplace Tempat Jual Beli NFT, di Mana Saja?

OpenSea adalah pasar NFT terbesar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi NFT.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi NFT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Non-Fungible Token (NFT) masih booming. Pasar baru muncul hampir setiap pekan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Di Indonesia sendiri, regulator yang menangani NFT adalah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Berikut ini merupakan pasar NFT teratas di dunia, dilansir dari Crypto News, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga

 

OpenSea

OpenSea adalah pasar NFT asli dan sejauh ini yang terbesar. Platform yang berbasis di New York memungkinkan Anda membeli dan menjual NFT mulai dari item dalam gim dan koleksi hingga karya seni, kartu perdagangan, nama domain, dunia virtual, dan banyak lagi.

Rarible

Rarible adalah platform NFT berbasis komunitas yang beroperasi di blockchain Ethereum (ETH). Platform ini memungkinkan Anda untuk membeli, menjual, dan mencetak berbagai seni digital dan koleksi. Pasar menawarkan interface pengguna yang sederhana. Anda dapat membuat daftar NFT di platform menggunakan token Rarible (RARI).

SuperRare

SuperRare adalah pasar NFT berbasis Ethereum yang menampilkan berbagai koleksi dan karya seni berkualitas tinggi. Interface pengguna platform dilengkapi dengan GIF yang memukau dan lelang langsung (live auctions).

SuperRare menawarkan penggunanya pengalaman yang hampir sosial dengan konten yang dikuratori untuk memenuhi preferensi mereka. Platform ini bekerja sama dengan seniman untuk memastikan seni dan media kripto berkualitas tinggi terdaftar di pasarnya.

Foundation

Foundation adalah platform NFT berbasis komunitas yang memungkinkan seniman mencetak dan menjual NFT mereka. Platform ini telah mencatat banyak penjualan terkenal, termasuk Nyan Cat NFT yang terkenal, crypto art pertama Edward Snowden, dan banyak lagi. Nyan Cat NFT dijual di Foundation seharga lebih dari 800.000 dolar Amerika Serikat (AS).

Nifty Gateway

Nifty Gateway adalah platform NFT terkemuka yang berbasis di New York yang memungkinkan pengguna untuk menjual NFT di platform tersebut menggunakan dolar AS. Platform ini didukung oleh Gemini, pertukaran kripto utama yang teregulasi di AS. Nifty Gateway merilis koleksi dan media dari artis melalui fitur rilis waktu terbatas.

Selain itu, platform ini memungkinkan pengguna untuk melacak jadwal rilis NFT drop melalui penghitung waktu.

Menariknya, platform ini memungkinkan artis untuk memutuskan biaya royalti yang mereka ambil dari penjualan sekunder.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement