Senin 10 Jan 2022 12:19 WIB

Pakar Duga Varian Deltacron di Siprus Hasil Kontaminasi Lab

Siprus temukan kasus varian deltacron, yakni gabungan infeksi varian delta-omicron.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Mutasi virus corona tipe baru, SARS-CoV-2 (ilustrasi). Varian yang dijuluki deltacron dikabarkan muncul di Siprus.
Foto:

Martin Michaelis, profesor di bidang Kedokteran Molekuler di University of Kent mengatakan bahwa belum jelas apakah sampel itu asli atau sisa kesalahan pengurutan atau kontaminasi. Ia menuturkan bahwa sejauh yang diketahui, para peneliti dari Siprus telah mengurutkan sampel SARS-CoV-2 dan menerima urutan genom yang menggabungkan fitur varian omicron dan delta.

"Belum jelas apakah ini nyata atau kesalahan urutan atau konsekuensi dari kontaminasi," kata Michaelis.

Lebih lanjut, Michaelis mengatakan, jika virus yang berbeda dari varian SARS-CoV-2 dianalisis pada mesin yang sama, Anda bisa mendapatkan urutan yang terlihat seolah-olah berasal dari virus baru. Tetapi, pada kenyataannya itu kemungkinan hanya campuran dari virus yang berbeda.

photo
Beda gejala infeksi varian omicron dan delta. - (Republika)

"Oleh karena itu, kita harus menunggu apa yang akan ditunjukkan oleh investigasi lebih lanjut. Bagaimanapun, deltacron bukanlah nama resmi," jelas Michaelis.

Namun, Michaelis memperingatkan bahwa jika dua virus menginfeksi sel yang sama, ada potensi strain untuk bergabung, yang berarti varian hibrida terbentuk. Ia menyebut, virus corona, termasuk SARS-CoV-2, pada prinsipnya memiliki kemampuan untuk menggabungkan kembali materi genetik mereka jika dua virus menginfeksi sel yang sama.

Karena itu, tidak menutup kemungkinan jika seseorang terinfeksi virus varian omicron dan delta secara bersamaan maka akan muncul virus hybrid baru yang membawa kombinasi fitur baru dari kedua virus aslinya. Dengan transmisi omicron dan delta tingkat tinggi pada saat yang sama, virus hibrida semacam itu dapat terbentuk di beberapa titik.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement