Sabtu 01 Jan 2022 16:35 WIB

Mengobrol tanpa Harus Simpan Nomor di WhatsApp dengan Click-to-Chat

Click-to-Chat buat obrolan baru tanpa harus menyimpan nomor teman mengobrol.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Biasanya proses obrolan ke nomor acak baru di WhatsApp akan mengharuskan Anda untuk menyimpan nomor tersebut sebagai kontak terlebih dahulu (Foto: ilustrasi WhatsApp)
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Biasanya proses obrolan ke nomor acak baru di WhatsApp akan mengharuskan Anda untuk menyimpan nomor tersebut sebagai kontak terlebih dahulu (Foto: ilustrasi WhatsApp)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biasanya proses obrolan ke nomor acak baru di WhatsApp akan mengharuskan Anda untuk menyimpan nomor tersebut sebagai kontak terlebih dahulu. Setelah itu, Anda harus mencari kontak itu di WhatsApp dan mengirim pesan. Namun, dengan fitur tautan Click-to-Chat, WhatsApp menyederhanakan proses ini dan membuatnya lebih mudah.

Dengan fitur Click-to-Chat, Anda dapat membuat tautan untuk nomor WhatsApp sehingga orang acak dapat mengirimi Anda pesan tanpa menyimpan nomor Anda sebagai kontak. Dari tautan ini, Anda bahkan dapat menambahkan pesan yang telah diisi sebelumnya sehingga pengirim memiliki template untuk digunakan.

Baca Juga

Misal, dari tautan, pesan yang telah diisi sebelumnya dapat berupa 'Halo, saya di sini untuk menanyakan tentang produk atau layanan Anda'. Pesan ini ditampilkan kepada pengguna setelah mereka membuka ruang obrolan di WhatsApp dan hanya perlu mengetuk tombol Kirim.

Fitur ini sangat berguna untuk pemilik bisnis atau orang-orang dengan audiens yang besar yang membutuhkan orang lain untuk menjangkau mereka di platform. Selain itu, ini juga memberi ruang untuk pengalaman pengguna sehingga proses penyimpanan kontak yang lama dan mengecewakan sebelum mengirim pesan dihilangkan.

Berikut cara menggunakan fitur Click-to-Chat WhatsApp dengan membuat tautan Anda sendiri, seperti dilansir Dignited, Sabtu (1/1).

1.Ubah tautan ini, https://wa.me/number dengan mengganti dengan nomor telepon Anda dalam format internasional. Hanya angka, tidak ada simbol, hapus tanda hubung, tanda kurung, dan bahkan tanda +. Tautan Anda akan terlihat seperti ini https://wa.me/234938920383.

2.Setelah Anda menambahkan nomor Anda ke tautan, siapa pun yang Anda bagikan tautan dapat langsung mengeklik untuk mengobrol dengan Anda tanpa menyimpan nomor Anda. Namun, belum ada pesan yang diisi sebelumnya.

3.Tautan yang dipersonalisasi dengan tautan pesan yang telah diisi sebelumnya terlihat seperti ini — https://wa.me/whatsappphonenumber?text=urlencodedtext. Di mana urlencodedtext adalah pesan pra-isi yang disandikan URL.

4.Gunakan alat seperti URLEncoder untuk menyandikan teks Anda dengan pesan yang sudah diisi sebelumnya. Jika pesan yang telah diisi sebelumnya adalah “Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang Dignited,” URL final dari tautan kami akan terlihat seperti ini – https://wa.me/234938920383?text=I%20want%20to%20learn%20more% 20tentang%20Bermartabat.

5.Dengan proses yang sederhana, tautan Click-to-Chat dapat dibuat oleh siapa saja untuk nomor WhatsApp apa pun selama pembuatnya mengetahui nomor WhatsApp tersebut.

Membuat tautan klik untuk mengobrol WhatsApp membantu Anda menjangkau lebih banyak orang dan memudahkan proses mereka menjangkau Anda. Ini bisa menjadi alat yang hebat terutama ketika Anda ingin meningkatkan skala bisnis online Anda dengan benar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement