Kamis 30 Dec 2021 14:19 WIB

Mau Instagram Ada Centang Birunya? Simak Caranya

Dalam proses verifikasi, Instagram memberikan sejumlah persyaratan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Akun Instagram bercentang biru
Foto: Republika/Friska
Akun Instagram bercentang biru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Akun terverifikasi atau centang biru di Instagram adalah cara untuk mengetahui bahwa akun tersebut asli atau palsu. Ini biasa digunakan untuk mereka yang merupakan artis, musisi, tokoh publik, dan lain-lain. Bisa juga suatu brand atau merek yang menggunakan akun centang biru untuk meyakinkan publik bahwa akun Instagramnya resmi.

Yang jelas, tujuan verifikasi seseorang berbeda. Instagram telah melakukan pembaruan sehingga orang dapat mudah untuk memahami verfikasi dan cara pengajuan.

Syarat pengajuan verifikasi Instagram

Menurut situs resmi Instagram, untuk diverifikasi, Anda harus mengikuti Ketentuan Penggunaan dan Pedoman Komunitas. Dalam proses verifikasi, Instagram memberikan sejumlah persyaratan.

  • Akun Anda harus mewakili orang sungguhan, bisnis terdaftar, atau entitas.
  • Akun Anda harus berupa kehadiran unik atau bisnis. Entitas terkenal, misalnya hewan peliharaan atau publikasi juga memenuhi syarat.
  • Hanya satu akun per orang atau bisnis yang dapat diverifikasi dengan pengecualian untuk akun khusus bahasa.
  • Akun Anda harus bersifat publik dan memiliki bio, foto profil, dan setidaknya satu postingan.
  • Akun Anda harus mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan sangat dicari.

Cara mendapat centang biru Instagram

Setelah semua persyaratan verifikasi terpenuhi, Anda bisa langsung mengajukan akun verifikasi ke Instagram. Berikut langkah-langkahnya, seperti dilansir Hootsuite, Kamis (30/12).

  • Buka profil Anda dan ketuk ikon tiga garis di sudut kanan atas
  • Ketuk Pengaturan
  • Ketuk Akun
  • Ketuk Minta Verifikasi
  • Isi formulir aplikasi, kirim

Formulir aplikasi meliputi nama resmi Anda, nama Anda panggung atau kerja, pilih kategori, dan kirim foto tanda pengenal resmi. Untuk individu, itu bisa berupa SIM atau paspor. Untuk bisnis, tagihan utilitas, dokumen bisnis resmi, atau pengajuan pajak akan dilakukan.

Menurut Instagram, setelah tim mereka meninjau aplikasi Anda, Anda akan menerima tanggapan di tab notifikasi. Perlu dicatat, Instagram tidak akan pernah mengirim email kepada Anda, meminta uang, atau menghubungi Anda. Dalam beberapa hari atau sepekan, Anda akan menerima jawaban ya atau tidak langsung. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement