Rabu 22 Dec 2021 02:50 WIB

Studi: Kena Covid-19 Parah, Risiko Kematian Pasien Meningkat Setahun Berikutnya

Kesehatan turun, risiko kematian pasien Covid-19 parah tahun berikutnya lebih tinggi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda
Pasien Covid-19 bergejala parah dirawat di unit perawatan intensif (ICU). Studi mengungkap, pasien yang selamat dari kasus Covid-19 yang parah menjadi rentan terhadap penyakit lain karena penurunan kesehatan secara keseluruhan.
Foto:

Para penulis menunjukkan bahwa hampir 80 persen kematian hilir di antara pasien dengan Covid-19 parah berasal dari penyebab yang tidak terkait dengan komplikasi umum dari infeksi virus corona tipe baru (SARS-CoV-2), yakni insiden gangguan pernapasan atau kardiovaskular. Temuan tersebut menunjukkan bahwa Covid-19 memiliki dampak signifikan baik secara biologis maupun fisiologis.

Menanggapi penelitian tersebut, Juru Bicara Infectious Diseases Society of America Aaron Glatt mengatakan, Covid-19 memiliki banyak potensi efek buruk pada sistem yang berbeda dalam tubuh. Beragam konsekuensi tersebut belum sepenuhnya dipahami.

"Pasien dengan gejala Covid-19 yang berkepanjangan dan penyakit yang terus-menerus dapat menyebabkan beberapa konsekuensi yang parah. Orang-orang perlu memahami bahwa ini adalah penyakit yang sangat serius," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement