Senin 20 Dec 2021 10:50 WIB

Segera Diluncurkan, Ini Perbandingan Teleskop Hubble dan James Webb

Telskop James Webb akan diluncurkan 24 Desember 2021.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Teleskop James Webb.
Foto:

Kecantikan dalam inframerah

Dengan mengamati dalam inframerah, Webb akan menangkap gambar unik yang indah. Pontoppidan pikir itu akan fantastis, tetapi sangat sulit untuk memprediksi seperti apa bentuknya, karena ini akan menjadi misi teleskop ruang angkasa pertama dari jenisnya. 

“Ini akan terlihat sangat, sangat berbeda dari Hubble,” kata Pontopiddan.

“Bintang-bintang itu sendiri memudar, mereka menjadi semakin redup (ketika Anda) pergi ke (sebuah) panjang gelombang yang lebih panjang, tetapi awan antarbintang menjadi lebih terang dan lebih cerah serta lebih cerah,” ujarnya lagi. 

Beberapa fitur gas dan debu menjadi sedikit tipis saat Anda mulai memasuki bagian spektrum cahaya inframerah, tapi itu belum tentu hal yang buruk.

Perbedaan inframerah 

Hubble dapat melihat cahaya dalam rentang panjang gelombang dari sekitar 200 nanometer (nm) hingga 2,4 mikron. Sementara itu, jangkauan Webb akan berkisar dari sekitar 600 nm hingga 28 mikron.

Meskipun Webb terutama mengamati cahaya inframerah, ia masih dapat melihat bagian merah/oranye dari spektrum cahaya tampak. Lapisan emas cerminnya menyerap cahaya biru dari spektrum tampak, tetapi memantulkan cahaya tampak kuning dan merah yang akan dideteksi. 

Meskipun bukan fungsi pengamatan utama, Hubble juga memiliki kemampuan untuk mengamati beberapa inframerah, jadi jenis pengamatan ini bukanlah awal yang lengkap. Faktanya, pada 2013, tim Hubble merilis gambar inframerah yang menakjubkan dari Horsehead Nebula yang ditangkap oleh teleskop luar angkasa untuk merayakan ulang tahun ke-22 peluncurannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement