Senin 20 Dec 2021 07:15 WIB

Cara Cepat Hapus Riwayat Pencarian Google

Google memiliki cara cepat dan mudah untuk menghapus kueri penelusuran terakhir.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Chrome. Ilustrasi. Google memiliki cara cepat dan mudah untuk menghapus kueri penelusuran terakhir.
Foto: Mashable
Google Chrome. Ilustrasi. Google memiliki cara cepat dan mudah untuk menghapus kueri penelusuran terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google merupakan situs yang menyediakan segala informasi. Banyak orang yang bergantung pada Google untuk mencari suatu hal, mulai dari yang penting hingga memalukan.

Namun, terkadang riwayat pencarian Google masih terlihat dan membuat orang lain tahu. Tidak masalah jika itu sesuatu yang biasa, tetapi bagaiman jika itu hal yang memalukan?

Baca Juga

Nyatanya, Google memiliki cara cepat dan mudah untuk menghapus kueri penelusuran terakhir. Anda dapat melihat cara untuk menghentikan Google supaya tidak melacak Anda, cara menghapus lokasi dan riwayat aktivitas secara otomatis.

Fitur yang diluncurkan pada konferensi pengembang Google I/O pada Mei lalu merupakan salah satu pilihan yang dirancang untuk melindungi  privasi pengguna. Walaupun Google tidak memaparkan alasan seseorang mungkin ingin menghapus riwayat pencarian mereka, perusahaan memang menunjukkan cara untuk melakukannya. Ini bersamaan dengan menyembunyikan gambar tertentu dari Foto Google.

 

Berikut cara cepat menghapus riwayat pencarian Google dari 15 menit terakhir, seperti dilansir CNet, Senin (20/12):

1.Ketuk gambar profil Anda untuk mengakses menu Anda.

2.Klik “Delete last 15 minutes” atau “Hapus 15 menit terakhir.” Setelah Anda selesai melakukannya, Google akan menghapus semua riwayat pencarian Anda dari seperempat jam sebelumnya.

Cara hapus riwayat pencarian setiap jam

Dikutip The Indian Express, Anda juga mendapatkan opsi untuk menghapus riwayat pencarian “Jam terakhir” atau “Hari terakhir.” Namun, ini hanya terlihat di PC atau laptop dan tidak di versi seluler. Anda dapat mengunjungi situs web myactivity.google.com dan menghapus riwayat pencarian setiap jam atau setiap hari. Bahkan Google mengizinkan Anda untuk mengaktifkan opsi hapus otomatis selama tiga bulan, 18 bulan, dan 36 bulan. Anda bisa mulai melakukan dengan langkah berikut:

1.Di komputer Anda, buka Chrome.

2.Di kanan atas, klik tombol “More” atau “Lainnya.”

3.Ketuk “History.”

4.Klik “Clear on browsing data” atau “Hapus data penelusuran.” Nantinya, akan ada kotak yang muncul di layar. Anda bisa memilih jumlah riwayat yang ingin dihapus.

5.Untuk menghapus semua riwayat, pilih opsi “All time” atau “Sepanjang waktu.”

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement