Jumat 17 Dec 2021 08:07 WIB

Permukaan Laut Naik Lebih Cepat Sejak Dekade Silam

Semakin tinggi peningkatan, semakin besar dana yang harus diinvestasikan.

 Seorang pria berjalan di jalur yang sebagian terendam akibat naiknya permukaan air laut di desa Sidogemah, Jawa Tengah, Ahad (7/11/2021). IPCC memperhitungkan, sejak tahun 1990 permukaan laut meningkat 2 milimeter setiap tahunnya.
Foto: AP/Dita Alangkara
Seorang pria berjalan di jalur yang sebagian terendam akibat naiknya permukaan air laut di desa Sidogemah, Jawa Tengah, Ahad (7/11/2021). IPCC memperhitungkan, sejak tahun 1990 permukaan laut meningkat 2 milimeter setiap tahunnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Data ilmiah dari awal dekade silam sudah menunjukkan pencairan lapisan es di Arktik, lebih cepat daripada yang diperhitungkan. Dua penelitian ikut berjasa membuat prediksi iklim menjadi lebih akurat.

Wilayah air bersuhu hangat meluas, melelehnya gletser dan lapisan es membuat volume air laut di dunia meningkat. Jika kedua faktor akibat pemanasan global ini berlanjut, juga dengan kecepatannya saat ini, para peneliti mengkhawatirkan bahwa naiknya permukaan laut tidak akan dapat dihindari.

Baca Juga

Para ilmuwan sependapat mengenai hal ini. Namun berapa tingkat permukaan air laut akan naik di masa mendatang, masih terdapat perbedaan.

Berita Buruk bagi Penduduk Pesisir

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Research Letters, Stefan Rahmstofr, Anders Levermann dan rekan mereka dari Institut Potsdam untuk Penelitian Dampak Iklim PIK, membandingkan prediksi yang dibuat antara tahun 1990 dan 2011 dengan data aktual.

Sementara suhu rata-rata global dalam beberapa dekade terakhir telah meningkat dengan kecepatan seperti yang diperkirakan Dewan Iklim Dunia, permukaan laut telah meningkat lebih cepat daripada yang diperkirakan. Ini bisa menjadi indikasi bahwa perhitungan untuk masa depan yang telah dibuat juga terlalu rendah, dikatakan para ilmuwan. Ini bisa berdampak buruk bagi daerah di pesisir dan kota-kota besar di sekitarnya.

Kelompok kerja yang mengurusi masalah permukaan laut dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim IPCC berusaha untuk menghitung tingkat maksimum kenaikan permukaan laut dengan data-data hasil berbagai studi. Semakin tinggi peningkatan diperkirakan, semakin besar dana yang harus diinvestasikan untuk pembangunan tanggul pelindung pantai dan memindahkan pemukiman.

Proyeksi kenaikan permukaan air laut selama beberapa abad, yang digunakan IPCC saat ini, memperhitungakan kenaikan akibat perluasan wilayah laut yang hangat. Dikatakan IPCC, berdasarkan perhitungan tersebut, di tahun 2300 permukaan laut bisa mencapai kenaikan sampai satu meter. 

 

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement