Sabtu 04 Dec 2021 04:45 WIB

Idap Rhinitis Alergi, Kemungkinan Kena Covid-19 Lebih Kecil

Studi mengungkap pengidap rhinitis alergi lebih kecil kemungkinannya kena Covid-19.

Rep: Rizky Suryarandika, Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Penderita rhinitis alergi (ilustrasi). Hasil riset menunjukkan penderita rhinitis alergi (hay fever) dan eksim hampir 25 persen lebih kecil kemungkinannya untuk tertular Covid-19.
Foto:

"Oleh karena itu, dalam penelitian ini kami menyelidiki hubungan golongan darah A,B, O, dan Rhesus dengan kerentanan, prognosis, waktu pemulihan, dan kematian Covid-19," ujar Rana, seperti dikutip dari laman Times Now News, Rabu (1/12).

Sementara itu, rekan penulis dan Ketua Departemen Transfusi Darah Viviek Ranjan mengatakan, para ahli menemukan bahwa pasien pria dengan golongan darah B lebih rentan terhadap terinfeksi Covid-19 dibandingkan dengan wanita. Studi juga menemukan bahwa golongan darah A dan Rh+ terkait dengan penurunan masa pemulihan dibandingkan dengan golongan darah O dan Rh-.

Hanya saja, kelompok ABO atau Rh mungkin tidak bertanggung jawab atas keterkaitan ini karena bisa juga itu terjadi akibat adanya penyakit penyerta (komorbid). Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang lebih besar dan lebih luas untuk memastikan hubungan antara Covid-19 dan golongan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement