Sabtu 04 Dec 2021 04:45 WIB

Idap Rhinitis Alergi, Kemungkinan Kena Covid-19 Lebih Kecil

Studi mengungkap pengidap rhinitis alergi lebih kecil kemungkinannya kena Covid-19.

Rep: Rizky Suryarandika, Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda
Penderita rhinitis alergi (ilustrasi). Hasil riset menunjukkan penderita rhinitis alergi (hay fever) dan eksim hampir 25 persen lebih kecil kemungkinannya untuk tertular Covid-19.
Foto:

Golongan darah

Penelitian yang dilakukan Sir Ganga Ram Hospital di India mengungkap golongan darah yang paling rentan terhadap Covid-19. Departemen Penelitian dan Departemen Kedokteran Transfusi Darah Sir Ganga Ram Hospital menyebut, golongan darah A dan B serta Rhesus + termasuk dalam kelompok berisiko tinggi terpapar Covid-19 dibandingkan dengan golongan darah O dan AB serta Rh-.

Hanya saja, faktor golongan darah tidak ada hubungannya dengan kemungkinan risiko mengalami Covid-19 parah atau kematian.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Cellular and Infection Microbiology edisi November itu dilakukan pada 2.586 pasien positif Covid-19 yang diuji dengan tes polymerase chain reaction (PCR).

Mereka dirawat di Sir Ganga Ram Hospital sejak 8 April hingga 4 Oktober 2020. Konsultan di Departemen Penelitian Sir Ganga Ram Hospital, Rashmi Rana, mengatakan, SARS-CoV-2 adalah virus baru dan belum jelas apakah golongan darah berdampak pada risiko atau berkembangnya Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement