Kamis 02 Dec 2021 09:41 WIB

Ilmuwan Buat Robot Burung yang Bisa Ambil Benda

Robot burung dapat digunakan untuk membantu ahli ekologi mengumpulkan data

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Ilmuwan membuat robot penggenggam yang dapat dipasang di drone, yang memungkinkan robot menangkap objek dan mencengkeram berbagai permukaan.

 

Apa yang mereka temukan adalah burung-burung itu mendekati di setiap pendaratan dengan cara yang sama. Burung menggunakan kaki mereka untuk menghadapi variabilitas yang mereka temui. Secara khusus, burung melengkungkan cakar mereka di sekitar tempat bertengger dan mereka juga memiliki bantalan kaki yang lembut dan berkerut yang memberikan gesekan yang andal.

Tim harus membangun sebuah grip yang cukup besar untuk mendukung drone quadcopter kecil dan dengan demikian memodelkan desain mereka pada kaki elang peregrine. Ini memiliki struktur cetak 3D yang membutuhkan 20 iterasi hingga sempurna, dengan motor dan alat pancing berdiri untuk otot dan tendon.

Tindakan mencengkeramnya membutuhkan waktu 20 milidetik, dan setelah melingkari cabang, akselerometer di kaki kanan memberi tahu robot bahwa ia telah mendarat. Ini pada gilirannya memicu algoritme penyeimbangan, yang memiringkan bot ke depan untuk menghindari jatuh, lagi-lagi seperti burung sungguhan.

Di luar potensi aplikasi drone di masa depan, Lentink mengatakan bahwa membangun robot semacam itu dapat memunculkan wawasan baru tentang morfologi burung.

 

“Bagian dari motivasi yang mendasari pekerjaan ini adalah untuk menciptakan alat yang dapat kita gunakan untuk mempelajari alam,” kata rekan penulis William Roderick dalam sebuah pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement