Kamis 02 Dec 2021 06:30 WIB

Kemunculan Omicron Jadi Pertanda Pandemi akan Berakhir?

Kemunculan omicron diharapkan menjadi pertanda pandemi akan berakhir.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Gambar pertama varian omicron dirilis oleh pakar dari ANSA, Italia. Ahli epidemiologi telah memikirkan kemungkinan SARS-CoV-2 pada akhirnya dapat bermutasi menjadi varian yang lebih jinak, terus menyebar, dan mengakibatkan lebih sedikit orang meninggal. Mereka memperkirakan itu adalah jalan keluar dari pandemi.
Foto:

Vaksinasi lawan omicron

Menurut studi pendahuluan, vaksin Covid-19 yang sekarang ada 40 persen kurang efektif pada varian ini. Itu terjadi akibat adanya 32 mutasi pada protein lonjakan (spike protein) SARS-CoV-2.

Vaksin yang tersedia saat ini memicu tubuh untuk mengenali spike protein dari versi virus yang sebelumnya. Namun, karena protein lonjakan itu terlihat sangat berbeda pada omicron, sistem kekebalan tubuh mungkin tidak dapat mengenali dan melawannya.

Meski begitu, data menunjukkan bahwa tingkat vaksinasi yang tinggi secara signifikan mengurangi tekanan yang disebabkan oleh omicron pada sistem kesehatan. Para ahli telah menekankan bahwa vaksinasi tetap penting untuk melindungi kelompok yang berisiko tinggi dirawat di rumah sakit dan kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement