Rabu 01 Dec 2021 07:45 WIB

Bisakah Tes RT-PCR Deteksi Varian Omicron?

Deteksi tepat waktu terhadap varian omicron jadi kunci untuk menahan penyebarannya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Tes usap PCR. WHO menyatakan varian omicron dapat dideteksi oleh beberapa tes diagnostik RT-PCR yang digunakan di seluruh dunia.
Foto:

Jadi, jika tes menemukan pengidentifikasi di wilayah lain (yang berarti orang tersebut memiliki infeksi virus corona) tetapi tidak menemukan pengidentifikasi dalam protein lonjakan, maka itu bisa menjadi indikasi bahwa infeksi adalah akibat varian omicron. Masalahnya, omicron bukan satu-satunya varian yang mengalami mutasi pada spike protein.

Beberapa lainnya, terutama varian alpha, juga memiliki mutasi di wilayah ini. Karenanya dapat menunjukkan perilaku serupa dalam tes RT-PCR.

photo
Dunia khawatirkan varian omicron - (Infografis Republika.co.id)

Hasil tersebut dapat dilihat sebagai mekanisme penyaringan untuk varian omicron, terutama karena prevalensi varian alpha pada populasi India telah turun secara signifikan. Skrining semacam itu pada tahap uji diagnostik dapat menjadi vital dalam mengidentifikasi dan mengisolasi infeksi potensial dengan varian omicron.

Pengurutan genom untuk kepastian

Menurut Anurag Agarwal, direktur Institute of Genomics and Integrative Biology (IGIB) yang berbasis di Delhi, keberadaan omicron masih perlu dikonfirmasi melalui pengurutan genom (genom sequencing). WHO mengatakan, salah satu kit RT-PCR yang dikembangkan oleh Thermo Fisher Scientific dapat mendeteksi keberadaan varian omicron.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement