Rabu 01 Dec 2021 06:54 WIB

Kena Covid-19 Parah, 1 dari 100 Pasien Alami Komplikasi Otak

Efek Covid-19 parah juga dapat terjadi pada otak.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Covid 19 (ilustrasi). Pasien Covid-19 bergejala parah dapat mengalami komplikasi otak.
Foto:

Di antara mereka yang telah menjalani MRI otak atau CT scan, 442 pasien memiliki komplikasi terkait otak yang disebabkan oleh Covid-19. Hal ini menunjukkan bahwa sekitar 1,2 persen dari total kelompok pasien mengalami komplikasi otak akibat penyakit tersebut.

Kondisi ini termasuk strok, pendarahan, dan peradangan yang disebut ensefalitis. Komplikasi yang lebih jarang termasuk peradangan otak dan sumsum tulang belakang atau disebut ensefalomielitis diseminata akut, dan sindrom ensefalopati yang menyebabkan gejala mirip strok.

photo
Gejala Covid-19 terkait varian delta. - (Republika)

"Penting untuk mengetahui kejadian yang akurat dari semua komplikasi sistem saraf pusat utama," kata dr Faro.

Secara keseluruhan, komplikasi otak tampaknya sekitar tiga kali lebih umum di antara pasien di Eropa dibandingkan dengan di Amerika Serikat. Studi tidak dapat menjelaskan faktor-faktor di balik disparitas tersebut, namun dokter mendeteksi strok lebih sering pada pasien Covid-19 di Amerika Serikat daripada di Eropa.

"Satu fitur yang kemungkinan menjadi faktor penyebabnya adalah peningkatan komorbiditas (jantung, diabetes, dan gagal ginjal kronis) pada populasi Amerika Serikat dibandingkan dengan Eropa," kata dr Faro kepada Medical News Today.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement