Jumat 12 Nov 2021 18:52 WIB

Cara Mengenali iPhone Apple Asli atau Abal-Abal

Kadang, ada orang yang menjual iPhone abal-abal dengan harga lebih murah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel iPhone / Ilustrasi
Foto:

 

Periksa ulang OS. Yang membuat iPhone begitu unik adalah sistem operasi yang dijalankannya. Tidak seperti smartphone lain yang didukung oleh Android, iPhone menjalankan iOS, sistem operasi berpemilik yang dirancang oleh Apple.

Namun seringkali iPhone palsu ditenagai oleh Android tetapi memiliki kulit seperti iOS di atasnya untuk menipu konsumen. Karena itu, iPhone palsu bisa terlihat asli. Periksa apakah iPhone dilengkapi dengan aplikasi default seperti Safari, Kesehatan, dan Kalkulator. Coba unduh beberapa aplikasi dari App Store, jika memungkinkan.

Periksa Siri. Minta penjual untuk menunjukkan apakah Siri berfungsi di iPhone atau tidak. Siri adalah asisten suara yang hanya berfungsi di perangkat Apple. Jika iPhone tidak dilengkapi dengan Siri bawaan, sudah pasti Anda ditipu.

Perhatikan kapasitas penyimpanan. iPhone tidak memiliki slot kartu microSD karena memori internal tidak dapat diperluas. iPhone palsu biasanya memiliki memori yang dapat diperluas. Jika iPhone mendukung slot kartu microSD, itu palsu.

Hal-hal lain yang perlu diingat dalam mengidentifikasi adaptor dan pengisi daya palsu. Untuk adaptor daya dan pengisi daya, proses mengidentifikasi aksesori asli dirinci di situs web perusahaan melalui halaman dukungan. Adaptor daya yang sah akan berbunyi: Dirancang oleh Apple di California, diikuti oleh “Dirakit di China”, “Diikuti di Vietnam”, dan kemudian diikuti dengan nomor seri 12 digit.

Adaptor sebagian besar berwarna putih dan disertifikasi dengan ‘UL’, perusahaan sertifikasi dan keselamatan global yang berbasis di Northbrook, Illinois. Perlu diingat bahwa adaptor/pengisi daya yang dijual Apple di pasaran tersedia dalam kemasan yang sesuai.

Perhatikan aksesori Apple termasuk adaptor daya dan pengisi daya

 

Anda dapat membeli aksesori Apple untuk pembuat pihak ketiga. Tetapi pastikan untuk hanya membeli aksesori yang telah disertifikasi Apple, dengan kata-kata “Dibuat untuk iPhone “, atau “Dibuat untuk iPhone iPad iPod” dengan label yang jelas pada kemasannya. Jika Anda membeli kabel Lightning untuk iPhone, iPod atau iPad Anda, pastikan kabel tersebut bersertifikat Mfi. Sertifikasi MFi adalah singkatan dari Made for iPhone/iPod/iPad .

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement