Jumat 12 Nov 2021 08:38 WIB

Clubhouse Luncurkan Fitur Replays

Fitur Replay membuat Clubhousers bisa mendengarkan kembali diskusi yang telah terjadi

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Clubhouse
Foto: financial express
Clubhouse

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Clubhouse resmi meluncurkan Replays atau “Pemutaran Ulang”. Fitur ini membuat Clubhousers dapat mendengarkan kembali diskusi yang telah terjadi di Clubhouse. Saat ini Replays sudah bisa dinikmati oleh para pengguna iOS dan Android.

Ruang diskusi di Clubhouse atau biasa disebut room/ ruangan, merupakan suatu room audio dapat diputar secara langsung. Room tersebut merupakan sebuah tempat bagi orang-orang agar dapat berbagi dan membentuk sebuah komunitas. Di ruang diskusi Clubhouse, para kreator dapat membahas suatu topik dengan orang-orang yang mereka kenal, dan juga orang lain yang belum dikenal, yang menemukan sebuah room di hallway atau “koridor” Clubhouse.

Baca Juga

Replays merupakan fitur opsional yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan oleh para kreator di Clubhouse pada saat mereka melakukan diskusi di sebuah public room atau ruangan yang dapat diikuti oleh seluruh Clubhousers. Saat fitur Replays diaktifkan, siapa pun dapat memutar ulang dan mendengarkan kembali diskusi yang terjadi di room tersebut kapanpun mereka mau.

Bahkan, mereka akan merasakan pengalaman yang sama seperti orang-orang yang bergabung secara langsung dan menyaksikan dinamika yang ada di room, seperti melihat pergerakan jumlah audiens yang keluar dan masuk silih berganti ke dalam room, serta momen spesial lain yang terjadi di room tersebut.

Melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, berikut adalah beberapa fitur khusus yang akan Anda temukan pada saat menggunakan Replays.

Sematkan tautan di dalam room. Beberapa pekan yang lalu Clubhouse meluncurkan fitur Pinned Links, yang merupakan tautan eksternal yang dapat disematkan di dalam room.

Ini memungkinkan Anda untuk dapat bermain gim bersama dari sebuah tautan, menunjukkan sponsor, menautkan suatu pendapat atau survei, membagikan tautan produk, menyelenggarakan penggalangan dana, menjual suatu tiket sebuah acara, dan menarik audiens untuk podcast atau buletin. Dengan fitur Replays dan Tautan yang Disematkan (Pinned Links), Clubhousers semakin dapat menciptakan interaksi yang baik.

Berpindah dari pembicara satu ke pembicara berikutnya. Dengan fitur Replays ini, Anda dapat berpindah mendengarkan satu pembicara ke pembicara berikutnya.

Hal tersebut memungkinkan Anda untuk lebih fokus mendengarkan pembicara favorit Anda atau suatu room yang Anda sukai. Tak hanya itu, Anda juga dapat berhenti sejenak, memutar diskusi kembali, memotong, dan mendengarkan jalannya diskusi 1,5 kali sampai dua kali lebih cepat.

Melihat siapa saja yang bergabung di ruangan Anda. Di Clubhouse, Anda dapat melihat langsung siapa saja audiens yang mendengarkan percakapan Anda. Dengan fitur Replays, Anda pun dapat melihat langsung audiens yang ada di dalam room, bahkan jika mereka mendengarkan dengan cara memutar ulang sesi tersebut.

Mengunduh Audio. Pembuat room dapat mengunduh audio dari diskusi room sehingga mereka dapat mengeditnya dan menggunakannya secara bebas, misalnya sebagai podcast, klip di YouTube, Instagram Story, atau video TikTok,, bahkan mereka dapat menambah tauran rekaman tersebut di artikel. Fitur Replays juga dapat ditemukan di halaman Klub, profil pembicara (kecuali mereka memilih untuk menyembunyikannya), pencarian (mulai minggu depan), dan banyak lagi.

Jumlah Total Audiens yang Hadir. Hal menarik lainnya dari Replays adalah adanya informasi Total Attendee Count atau Jumlah Total Audiens yang hadir di room.

Mulai dari sekarang, pembuat room dapat melihat dan membagikan jumlah kumulatif orang yang bergabung di suatu room. Pembaruan ini merupakan hal yang pertama dari banyak fitur analitik baru yang akan Clubhouse tambahkan untuk para kreator dalam beberapa bulan ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement