Senin 08 Nov 2021 05:14 WIB

Seberapa Besar Instagram Pengaruhi Mental Penggunanya?

Penelitian menyebut Instagram berpengaruh negatif terhadap mental remaja.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/Idealisa/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto:

Tidak semua remaja memiliki Instagram

Tidak semua remaja di sekolah memiliki Instagram. Leah (15 tahun) belum diizinkan untuk membuat akun. “Itu karena semua hal negatif yang ada di luar sana, jadi saya percaya keputusan ibu saya,” katanya.

 

Leah sangat ingin memiliki media sosial, karena semua temannya memilikinya dan terkadang dia merasa keluar dari lingkaran. “Namun, saya juga tahu sisi buruknya. Saya telah mendengar banyak cerita tentang teman-teman saya yang menerima gambar yang tidak pantas dan video mengerikan-hal-hal yang tidak boleh ditonton oleh orang seusia kita,” ujar Leah.

Wakil Presiden Urusan Global di perusahaan induk Instagram Meta, telah membela platform tersebut. Dia mengatakan bahwa mayoritas gadis remaja senang menggunakannya.

Fitur istirahat

Sebagai solusi dari masalah itu, Instagram akan memperkenalkan fitur yang disebut “take a break”, Fitur ini akan mendorong pengguna muda untuk beristirahat dari Instagram. Tidak ada waktu yang jelas fitur ini akan tersedia.

Dilansir dari The Verge, fitur ini pun belum diuji coba. Dalam sebuah postingan 27 September,  kepala Instagram Adam Mosseri yang menyebutkan perusahaan sedang menjelajahi fitur-fiturnya.

“Kami mengumumkan bahwa kami sedang menjajaki dua ide baru: mendorong orang untuk melihat topik lain jika mereka memikirkan konten yang mungkin berkontribusi pada perbandingan sosial yang negatif, dan fitur yang sementara disebut “Take a break”, di mana orang dapat menempatkan akun mereka di jeda dan luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan apakah waktu yang mereka habiskan bermakna,” kata Mosseri di blog.

Mosseri sebelumnya juga telah mengatakan bahwa perusahaannya terus mengerjakan pengalaman yang diawasi orang tua bagi pengguna yang lebih muda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement