Selasa 02 Nov 2021 15:38 WIB

Kurator Terjemahkan Teks Kuno tentang Hantu Tertua di Dunia

Gambar hantu tertua di dunia terukir di lempengan tanah liat berusia 3.500 tahun.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seorang kurator yang menjelajahi relung-relung arsip British Museum baru-baru ini menemukan hantu. Lebih tepatnya, gambar hantu tertua di dunia, yang terukir di lempengan tanah liat Babilonia berusia 3.500 tahun. 

Sosok roh tinggi kurus dengan tangan terikat menggambarkan teks ritual pengusiran setan kuno yang dimaksudkan untuk mengusir jenis hantu yang 'memegang seseorang dan mengejarnya dan tidak dapat dilepaskan.'

 

Irving Finkel, kurator departemen Timur Tengah British Museum dan spesialis dalam cuneiform (sistem penulisan sudut peradaban Babilonia kuno) baru-baru ini menerjemahkan teks ritual tersebut. Teks itu belum dibaca dan diabaikan sejak British Museum memperoleh lempengan batu tulis tersebut di tahun 1800-an. 

 

Pada saat itu, museum di seluruh Eropa sedang terburu-buru untuk menimbun artefak Babilonia. Kurator sering kali membayar penduduk setempat untuk menjarah tanah liat dan lempengan batu, bersama dengan artefak lainnya, dari situs arkeologi di tempat yang sekarang disebut Irak. Sebagian besar barang-barang itu tiba dengan sedikit atau tanpa informasi tentang konteksnya dan berakhir di penyimpanan.

 

Lempengan batu hantu, misalnya, tidak pernah ditampilkan ke publik, dan tidak ada yang menerjemahkan teksnya. Juga tidak ada yang memperhatikan gambar hantu tersembunyi di sisi belakang lempengan tanah liat tersebut. Sisi itu tampak kosong sampai dilihat di bawah cahaya pada sudut yang tepat, ketika gambar hantu tampak melompat ke arah pemirsa.

 

Dalam ilustrasi, seorang wanita dalam gaun panjang sedang memimpin hantu terikat ke alam baka. Ritual yang dijelaskan di sisi berlawanan dari lempeng itu dimaksudkan untuk mengusir hantu dengan meredakan kesepian yang membuatnya terikat dengan dunia orang hidup.

 

"Anda bisa membayangkan hantu tinggi, kurus, berjanggut yang berkeliaran di rumah itu membuat orang-orang gelisah. Analisis terakhir adalah bahwa yang dibutuhkan hantu ini adalah seorang kekasih," kata Finkel dilansir di Ars Technica, Senin (1/11).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement