Senin 01 Nov 2021 17:40 WIB

Kebijakan Privasi Apple Bikin Perusahaan Medsos Hilang Cuan

Perusahaan sosial media kehilangan sekitar Rp 1,3 triliun akibat kebijakan baru Apple

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Apple
Foto:

 

Terlepas dari keuntungannya yang kuat, pendapatannya sedikit di bawah ekspektasi analis. Facebook mengatakan pembaruan privasi juga akan berdampak pada bisnis digitalnya pada kuartal terakhir tahun ini, tetapi diharapkan dapat menyesuaikan dengan perubahan waktu.

The Verge melaporkan pada (21/10) lalu Snap melampaui pendapatan 1 miliar dolar AS untuk pertama kalinya. Perusahaan itu juga menambahkan 13 juta pengguna harian. Namun, perusahaan itu mengalami masalah serius akibat perubahan privasi Apple yang telah menyebabkan jutaan dolar iklan hilang.

Perusahaan kehilangan target pendapatannya sebesar 3 juta dolar AS pada kuartal ketiga. Sebagian besar karena perubahan privasi Apple, Snap mengumumkan iItu bukan kerugian besar, tetapi Snap memperkirakan dampaknya akan berlanjut pada kuartal berikutnya dan mengatakan bahwa pertumbuhan pendapatannya akan melambat secara signifikan.

Di sisi lain, pendapatan Twitter tidak terlalu terdampak dari kebijakan provasi Apple. Pendapatan kuartalan Twitter tumbuh 37 persen. Pertumbuhan ini didorong keberhasilan mengatasi dampak dari perubahan privasi Apple yang menghantam saingannya seperti Snap dan Facebook.

Celah Apple masuk bisnis iklan?

Sebelumnya, perubahan kebijakan privasi pada iPhone dinilai sebagai sinyal Apple akan masuk ke bisnis periklanan internet seperti Google dan Facebook. "Kami meihat (perubahan kebijakan privasi) sebagai tanda Apple ingin berkompetisi di periklanan global," kata analis dari RBC Capital Markets, Brad Erickson, dalam catatan untuk klien, dikutip dari Reuters, Ahad (3/10).

Analis di Evercore ISI juga mengendus rencana Apple untuk masuk ke periklanan pada Agustus lalu. Mereka melihat "menghambat periklanan pihak ketiga" merupakan langkah yang bagus dalam periklanan. Di sisi lain, ISI juga menekankan ATT merupakan perlindungan privasi pengguna dibandingkan platform untuk dimonetisasi.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement