Sabtu 23 Oct 2021 06:30 WIB

Vaksin Pfizer 90 Persen Efektif Cegah Covid-19 pada Anak

Efek samping yang tampak pada anak penerima vaksin Pfizer hampir seluruhnya ringan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Comirnaty produksi Pfizer-BioNtech diberikan dengan dosis 10 mikrogram untuk anak usia lima hingga 11 tahun.
Foto:

Gejala lain yang mungkin terjadi pada anak adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Gejala ini juga terkadang terjadi pada orang dewasa. Akan tetapi, reaksi ini hanya terjadi sementara waktu.

Satu orang anak tampak mengalami tic, yaitu kedutan otot atau suara vokal yang muncul berulang tanpa sadar. Gejala ini muncul satu pekan setelah pemberian dosis kedua vaksin. Gejala tic ini pun menghilang seiring waktu.

photo
Gejala Covid-19 paling umum pada anak. - (Republika)

Yang melegakan, tak ditemukan kasus peradangan jantung atau miokarditis pada anak yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech dalam studi ini. Miokarditis yang mungkin terjadi setelah vaksinasi bersifat sementara namun membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Kasus miokarditis setelah vaksinasi paling banyak ditemukan pada laki-laki berusia lebih muda dari 30 tahun. Pada laki-laki di rentang usia ini ditemukan 11 kasus miokarditis dalam setiap 100 ribu dosis vaksin yang diberikan menurut studi yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement