Selasa 19 Oct 2021 23:32 WIB

Apakah Manusia Bisa Bersendawa di Luar Angkasa?

Astronaut Tim Peake menjawab pertanyaan siswa tentang kehidupan di luar angkasa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Astronot (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Astronot (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Bumi, manusia sering bersendawa. Jika berada di luar angkasa, apakah manusia masih bisa bersendawa seperti di Bumi?

Astronaut Inggris Tim Peake mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Menurut pengalaman berada di Stasiun Luar Angkasa (ISS) selama 186 hari, jawabannya adalah tidak.

Baca Juga

“Tetapi penjelasan sebenarnya seperti ini, Anda masih bisa bersendawa, tetapi Anda tidak harus bersendawa,” kata Peake, menjawab pertanyaan tentang kehidupan di luar angkasa dari siswa di United Kingdom, seperti dilansir dari Newsy Today, Selasa (19/10).

Dia mencontohkan, misalnya jika di Bumi kita minum air soda dan ada gelembung udara di perut kita, maka gelembung  udara ini akan naik. Kemudian kita bersendawa.

Proses ini terjadi karena ada gravitasi. Segala sesuatu dengan kepadatan lebih rendah akan naik dan apa pun dengan kepadatan lebih tinggi akan turun. Ketika gravitasi nol dan tanpa bobot, seperti yang terjadi di luar angkasa, gelembung akan bergerak ke segala arah, jadi kemungkinan tidak terjadi sendawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement