Selasa 12 Oct 2021 07:05 WIB

Proteksi Vaksin Pfizer Bisa Turun, Apa Saran Ilmuwan?

Tingkat proteksi dari vaksin Covid-19 Pfizer tampak turun setelah beberapa bulan.

Vaksin Covid-19 Pfizer. Studi mengungkap, antibodi dari vaksin Covid-19 Pfizer tampak memudar setelah tujuh bulan.
Foto:

Studi lain dalam NEJM dilakukan di Israel, mengamati 4.868 petugas kesehatan yang telah divaksinasi dengan vaksin Covid-19 Pfizer. Hasilnya, ada laporan antibodi penetralisir para partisipan ini terhadap Covid-19 secara substansial turun dalam enam bulan setelah menerima dosis kedua vaksin Pfizer.

Kondisi ini terutama terjadi pada pria, orang di atas usia 65 tahun, dan mereka dengan sistem kekebalan yang lemah. Meski begitu, hanya 20 dari petugas layanan kesehatan tersebut yang mengalami infeksi baru selama masa studi.

Hal ini menunjukkan, sekali lagi, perlindungan vaksin tetap kuat selama berbulan-bulan setelah orang disuntik. Menurut peneliti, wajar jika antibodi penetralisir menurun setelah vaksinasi.

Antibodi penetralisir bukan satu-satunya elemen respons imun yang melindungi seseorang pada infeksi. Vaksin untuk kondisi lain seperti gondok, campak, dan rubella bahkan hanya menunjukkan penurunan kecil sekitar 5-10 persen setiap tahun dalam menetralkan tingkat antibodi, menurut para peneliti.

Baca juga : Luhut: Kasus Covid-19 Nasional Turun 98,4 Persen

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement