Kamis 30 Sep 2021 16:11 WIB

Semprotan Hidung Vitamin A Bisa Sembuhkan Anosmia?

Peneliti tengah melakukan uji coba semprotan hidung vitamin A buat sembuhkan anosmia.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Latihan penciuman untuk menyembuhkan anosmia. Peneliti sedang merekrut partisipan dalam uji coba penyembuhan anosmia dengan obat semprot hidung vitamin A.
Foto:

NHS menyarankan penderita gangguan penciuman untuk mengobati akar penyebabnya. Terkadang, cara ini memang dapat membantu, misalnya dengan memakai semprotan hidung steroid atau obat tetes untuk sinusitis atau polip hidung.

Sebaliknya, penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ahli penciuman internasional ini justru menyarankan agar tidak menggunakan steroid untuk mengobati gangguan penciuman. Mereka malah menyarankan latihan indra penciuman.

photo
Parosmia dan phantosmia usik penyintas Covid-19 - (Republika)

Salah satu peneliti, Prof Carl Philpott dari UEA, mengatakan hanya ada sedikit bukti bahwa steroid akan membantu menghilangkan gangguan penciuman. Ia mengingatkan, ada efek samping penggunaan obat semprot hidung atau tetes hidung steroid.

"Mereka memiliki efek samping potensial termasuk retensi cairan, tekanan darah tinggi, dan masalah dengan perubahan suasana hati dan perilaku," katanya.

Para ilmuwan merekomendasikan mereka yang mengalami anosmia berlatih dengan mengendus setidaknya empat bau yang berbeda. Latihan dilakukan dua kali sehari selama beberapa bulan.

"Metode ini bertujuan untuk membantu pemulihan berdasarkan neuroplastisitas - kemampuan otak untuk mengatur ulang dirinya sendiri untuk mengompensasi perubahan atau cedera,” kata Prof Philpott.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement