Rabu 22 Sep 2021 07:08 WIB

Virus Penyebab Covid-19 Kian Mudah Menyebar di Udara

Orang yang terinfeksi varian alpha embuskan virus 100 kali lebih banyak.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Penyebaran virus penyebab Covid-19 (SARS-CoV-2) di udara. (Ilustrasi)
Foto:

Varian delta yang beredar sekarang bahkan lebih menular daripada varian alpha. Penelitian yang dilakukan saat ini juga menunjukkan bahwa varian tersebut terus menjadi lebih baik dalam perjalanan melalui udara.

"Jadi kami harus memberikan ventilasi yang lebih baik dan memakai masker yang pas, selain itu perlu vaksinasi untuk membantu menghentikan penyebaran virus," jelas Don Milton, profesor di bidang kesehatan lingkungan di Fakultas Kesehatan Masyarakat University of Maryland.

photo
Memakai masker dobel kini sangat dianjurkan - (Republika)

Untuk menguji apakah masker bekerja dalam memblokir virus agar tidak menular di antara orang-orang, penelitian ini mengukur seberapa banyak SARS-CoV-2 yang dilepaskan ke udara dan menguji seberapa sedikit virus yang diembuskan oleh pengidap Covid-19 ke udara setelah memakai masker kain ataupun bedah.

Masker secara signifikan mengurangi partikel bermuatan virus di udara di sekitar orang positif Covid-19, mengurangi jumlahnya sekitar 50 persen. Hanya saja, masker kain yang longgar dan masker bedah tidak menghentikan virus menular melalui udara.

Baca juga : Klaster Covid-19 Ditemukan Hampir di 1.300 Sekolah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement