Jumat 17 Sep 2021 09:49 WIB

Pembuat Komputer Rumahan Sir Clive Sinclair Wafat

Sir Clive Sinclair orang pertama pembuat komputer rumahan dengan harga terjangkau.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sir Clive Sinclair
Foto: pinterest
Sir Clive Sinclair

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pendiri Sinclair Research dan pencipta komputer rumahan Sir Clive Sinclair wafat dalam usia 81 tahun. Hal ini diungkapkan oleh putrinya, Belinda. Sir Clive Sinclair menciptakan komputer ZX Spectrum yang sangat populer dengan harga terjangkau.

Penemu yang mengembangkan dan memproduksi TV portabel dan kendaraan listrik sebelum  populer dan sukses secara komersial, watat setelah menderita penyakit yang lama.

Baca Juga

“Dia adalah orang yang luar biasa. Tentu saja, dia sangat pintar dan dia selalu tertarik pada segala hal,” kata Belinda kepada The Guardian, dilansir dari Sputnik, Jumat (17/9).

Sinclair memulai kariernya sebagai jurnalis teknis, meninggalkan sekolah, tetapi segera mendirikan perusahaan pertamanya. Perusahaan pertamanya menciptakan kalkulator kompak pertama. Namun, komputer ZX 80 dan ZX Spectrum-lah yang membuatnya terkenal.

Dua perangkat tersebut menjadi salah satu komputer rumah pertama yang tersedia secara luas dan yang pertama di Inggris Raya dengan biaya di bawah 555 dolar Amerika Serikat atau Rp 7,9 juta dalam harga modern. Meskipun memiliki kemampuan terbatas dibandingkan dengan mesin modern, pada saat itu komputer seri ZX menikmati popularitas tinggi karena menjadi komputer rumahan pertama yang terjangkau.

Untuk kontribusinya pada sains dan ekonomi Inggris Raya, Ratu menganugerahi Sinclair gelar kebangsawanan pada 1983. ZX akan menjadi kesuksesan komersial terakhirnya, yang tetap memberinya keuntungan 14 juta poundsterling atau Rp 275,1 miliar hanya dalam beberapa tahun. Penemuannya kemudian, seperti sepeda roda tiga listrik C50 dan TV80 portable, tidak begitu sukses secara komersial.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement