Selasa 07 Sep 2021 19:13 WIB

Perubahan Iklim Kuno Bantu Manusia Purba Lintasi Gurun Arab

Ilmuwan menyebut ratusan tahun lalu, gurun Arab adalah padang rumput yang subur.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Gurun pasir (ilustrasi)
Foto: tangkapan layar Reuters/David Rouge
Gurun pasir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penemuan alat-alat batu dan fosil hewan purba telah mengungkapkan manusia purba berada di Arabia 400 ribu tahun yang lalu. Perubahan iklim prasejarah mungkin telah mendorong perjalanan mereka melintasi apa yang sekarang menjadi padang pasir yang luas.

"Arabia telah lama dilihat sebagai tempat kosong di masa lalu. Pekerjaan kami menunjukkan kami masih tahu sedikit tentang evolusi manusia di wilayah yang luas di dunia dan menyoroti fakta bahwa masih banyak kejutan di luar sana," kata Penulis Utama sekaligus Kepala Max Planck Extreme Events Research Group di Jena, Jerman, Huw Groucutt dikutip dari Cnn.com pada Selasa (7/9).

Baca Juga

Gurun Arab Saudi adalah beberapa daerah terkering di dunia. Namun, cerita itu berbeda ratusan ribu tahun yang lalu. Perubahan lingkungan terjadi setelah periode hujan lebat di padang pasir, menciptakan padang rumput subur yang menjadi latar belakang sempurna bagi nenek moyang manusia purba yang bermigrasi ke dan dari Afrika.

Di cekungan antara bukit pasir besar, para peneliti menemukan bukti pembentukan danau kuno di situs arkeologi Khall Amayshan 4 dan Oasis Jubbah di gurun Nefud, yang terletak di utara Arab Saudi.  Antara 400 ribu dan 55 ribu tahun yang lalu, danau berkala ini terbentuk dan terisi pada lima waktu berbeda yang dikaitkan dengan penemuan alat-alat batu.

Alat-alat batu membantu mendokumentasikan bagaimana budaya manusia purba ini dan materialnya bergeser dari waktu ke waktu. Alat tertua milik budaya yang mengandalkan kapak tangan, seperti nenek moyang manusia purba Homo erectus dan Homo heidelbergensis.  Ini adalah transisi ke teknologi alat batu yang lebih maju yang mungkin dimiliki oleh Homo sapiens dan Neanderthal awal.

"Penelitian ini merupakan terobosan dalam arkeologi Arab. Lubang di antara bukit pasir di gurun Nefud akan menampung dan menampung air selama "denyut" hujan deras ribuan tahun yang lalu, menciptakan danau kecil, lahan basah, dan sungai yang dibatasi oleh padang rumput.  Lingkungan ini mendukung migrasi hewan dan nenek moyang manusia purba," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement