Ahad 29 Aug 2021 09:13 WIB

Uji Coba Orbital Ketiga Roket Astra Gagal

Roket Astra gagal mencapai luar angkasa selama uji coba untuk militer AS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Roket Astra gagal mencapai luar angkasa selama uji coba untuk militer AS.
Foto: Astra.com
Roket Astra gagal mencapai luar angkasa selama uji coba untuk militer AS.

REPUBLIKA.CO.ID, ALASKA -- Astra mencoba penerbangan uji orbital ketiga pada Jumat (28/8). Perusahaan tersebut mengirimkan dua tahap Launch Vehicle 0006 ke angkasa dari Kompleks Pelabuhan Luar Angkasa Pasifik di Pulau Kodiak Alaska pada pukul 18.35 EDT (22.35 GMT).

Dilansir dari Space, Ahad (29/8), roket mengalami anomali sekitar 2,5 menit setelah lepas landas. Penerbangan, bagaimanapun, dihentikan.

Baca Juga

Tampaknya ada yang salah sejak awal, karena Launch Vehicle 006 meluncur ke samping pada saat lepas landas dan bukannya naik dengan mulus dari landasan.  Tetapi roket itu pulih dan terbang tinggi ke langit, menurut data real-time yang disediakan Astra selama webcast peluncuran, mencapai ketinggian sekitar 33 km sebelum mengalami masalah akhir penerbangan.

Masalah itu terjadi tepat di sekitar “maks q”, titik dalam penerbangan ketika tekanan mekanis pada roket paling tinggi. Sebuah kamera yang dipasang di Launch Vehicle 006 tampaknya menunjukkan bagian dari booster yang lepas saat itu.

“Meskipun kami tidak mencapai tujuan utama kami hari ini, tim kami akan bekerja keras untuk menentukan apa yang terjadi di sini,” kata Carolina Grossman, direktur manajemen produk di Astra, saat peluncuran webcast. “Dan saat kami menggali data penerbangan, kami optimis tentang masa depan dan upaya kami selanjutnya,” ujarnya lagi.

Launch Vehicle 0006 setinggi 43 kaki (13 meter), anggota dari seri Rocket 3.3 Astra, membawa muatan uji untuk Program Uji Luar Angkasa Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS). Muatan itu adalah simulator massal, bukan satelit operasional. Jadi tidak dimaksudkan untuk digunakan.

Astra awalnya mencoba meluncurkan misi ini pada Jumat (27/8), tetapi sistem panduan Launch Vehicle 0006 disebut abort sesaat penyalaan mesin. Teknisi memecahkan masalah, yang ternyata merupakan masalah konfigurasi mesin dan menyiapkan booster untuk lepas landas sehari kemudian.

Astra, yang didirikan pada 2016, bertujuan untuk mengklaim bagian besar dari pasar peluncuran satelit kecil yang sedang berkembang dengan jajaran roket yang diproduksi secara massal, berbiaya rendah dan terus berkembang. Sistem peluncuran perusahaan dirancang untuk sangat mobile dan responsif. Roketnya, misalnya, diangkut ke lokasi peluncuran dalam kontainer pengiriman standar.

“Dalam banyak hal, rekayasa yang masuk ke mobil lebih dari apa yang masuk ke roket. Tapi mereka bisa membuat mobil dengan puluhan ribu dolar,” kata co-founder dan chief technology officer Astra Adam London dalam sebuah T&J yang diposting perusahaan online pada Jumat (27/8).

“Anda tidak menemukan roket apa pun hari ini yang harganya terjangkau. Astra disatukan untuk mencari tahu bagaimana Anda menjembatani kesenjangan itu: bagaimana Anda membuat banyak roket, sehingga orang dapat memanfaatkan akses yang lebih mudah dan lebih cepat ke luar angkasa untuk melakukan hal-hal hebat dan menarik,” ujar London.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement