Kamis 26 Aug 2021 13:05 WIB

Bisakah Manusia Bertahan Hidup di Merkurius?

Merkurius begitu dekat dengan matahari dan perubahan suhu yang ekstrem.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Bisakah Manusia Bertahan Hidup di Merkurius?
Foto:

Bisakah manusia suatu hari bertahan hidup di Merkurius?

Meskipun begitu dekat dengan matahari dan perubahan suhu yang ekstrem, manusia secara teknis dapat berjalan di permukaan planet. Rotasi lambat Merkurius berarti butuh 59 hari bumi untuk berputar sekali. 

Namun, tahun yang relatif singkat dari 88 hari berarti dibutuhkan hanya di bawah 176 hari bumi untuk menyelesaikan satu siklus siang dan malam. Dengan mengikuti garis terminator-zona senja yang bergeser perlahan yang kita alami saat matahari terbenam-adalah mungkin untuk menghindari terpanggang dari sinar matahari serta dingin yang ekstrem.

Bagaimana manusia bisa sampai Merkurius?

Masalah sebenarnya adalah mencari cara untuk mendarat dengan aman. Tidak memiliki atmosfer untuk digunakan sebagai rem yang nyaman berarti lebih mengandalkan bahan bakar berat untuk mengontrol kecepatan. Meskipun hanya sedikit lebih besar dari bulan, Merkurius memiliki inti besi yang sangat besar dibandingkan dengan keraknya yang relatif tipis, fitur misterius yang membuatnya sangat berat untuk ukurannya.

Kepadatan seperti itu berarti tarikan gravitasi planet ini hanya sepertiga dari bumi-hampir tidak menghancurkan, tetapi mengesankan mengingat lebarnya yang hampir 4.900 Km. Lalu ada masalah perjalanan itu sendiri.

Mengesampingkan tingkat radiasi yang meningkat saat Anda mendekati matahari, dibutuhkan enam hingga tujuh tahun untuk menavigasi lintasan kompleks yang diperlukan untuk mencegat planet ini. 

Bahkan tanpa mempertimbangkan penumpan manusia, itu akan menjadi suatu prestasi. Tetapi mengirim manusia ke Merkurius membantu mengungkap banyak misterinya dan memberi kita perspektif baru tentang planet terkecil di tata surya ini.

 

https://www.sciencealert.com/mercury

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement