Kamis 26 Aug 2021 09:11 WIB

Instagram akan Tingkatkan Hasil Pencarian di Aplikasinya

Perubahan menunjukkan kisi-kisi foto yang dapat ditarik oleh pencarian kata kunci.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Logo Instagram. Kepala Instagram Adam Mosseri mengumumkan Instagram berencana lebih menonjolkan foto dan video dalam hasil pencarian di masa depan pada Rabu (27/8).
Foto: Phone Arena
Logo Instagram. Kepala Instagram Adam Mosseri mengumumkan Instagram berencana lebih menonjolkan foto dan video dalam hasil pencarian di masa depan pada Rabu (27/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Instagram Adam Mosseri mengumumkan Instagram berencana lebih menonjolkan foto dan video dalam hasil pencarian di masa depan pada Rabu (27/8). Perubahan tersebut dapat menunjukkan kisi-kisi foto dan video yang dapat ditarik oleh pencarian kata kunci di samping hasil untuk akun dan tagar, tidak berbeda dengan cara Tiktok menampilkan hasil.

“Search Tweak adalah bagian dari serangkaian peningkatan yang dirancang untuk inspirasi dan penemuan,” menurut Mosseri, dilansir dari The Verge, Kamis (26/8).

Perusahaan telah menggunakan pencarian kata kunci sebagai cara untuk menawarkan hasil visual, istilah tertentu dapat menarik halaman gambar yang disarankan-tetapi rencana baru Instagram akan memberi keunggulan lebih. Mosseri menulis bahwa pencarian dengan istilah seperti 'space' akan menarik hasil foto dan video yang disarankan bersama dengan akun dan tagar tradisional, mendorong lebih banyak eksplorasi. Hasil visual akan tetap ada di balik ketukan kata kunci, tetapi harus lebih menonjol dan umum.

Namun, pencarian kata kunci Instagram saat ini cukup berhasil atau terlewatkan, itu tidak selalu menarik hasil secara universal atau dengan koleksi foto yang relevan. Itu sebabnya Mosseri mengatakan perusahaan juga memperluas jumlah istilah yang akan menarik hasil, dimulai dengan bahasa Inggris dan kemudian membangun dari sana. Saat ditanya, Instagram tidak dapat memberikan tanggal peluncuran spesifik untuk peningkatan pencarian.

Menurut Mosseri, bahkan tanpa lebih banyak visual atau kata kunci baru dalam campuran, kriteria utama Instagram untuk hasil yang ditampilkan adalah relevansi. Perusahaan memiliki serangkaian 'sinyal' yang dipertimbangkan saat menunjukkan hasil.

Hasil sesuai urutan kepentingannya adalah pertama, teks di penelusuran. Teks yang dimasukkan di bilah pencarian sejauh ini merupakan sinyal terpenting untuk Pencarian. Instagram mencoba mencocokkan apa yang pengguna ketik dengan nama pengguna, biodata, teks, tagar dan tempat yang relevan.

Kedua, aktivitas pengguna. Ini termasuk akun yang pengguna ikuti, postingan yang pengguna lihat dan cara pengguna berinteraksi dengan akun di masa lalu. Instagram biasanya menampilkan akun dan tagar yang pengguna ikuti atau kunjungan lebih tinggi daripada yang tidak pengguna ikuti.

Ketiga, informasi tentang hasil pencarian. Ketika ada banyak hasil potensial, Instagram juga melihat sinyal popularitas. Ini termasuk jumlah klik, suka, bagikan dan ikuti untuk akun, tagar atau tempat tertentu.

Saran yang sama berlaku untuk bagaimana konten pengguna muncul juga. Platform melihat teks di handle dan biodata Instagram pengguna, lokasi pengguna dan keterangan pada setiap posting untuk menentukan apakah konten tersebut relevan untuk pencarian tertentu.

Perusahaan juga berupaya menyaring konten yang melanggar Pedoman Rekomendasinya, termasuk topik sensitif seperti kekerasan atau semi-ketelanjangan. Kedua peningkatan pencarian harus membuat Instagram lebih bermanfaat dan mungkin lebih menarik untuk terus mengklik. Kesamaan tingkat permukaan dengan TikTok mungkin juga bukan kesalahan: Mosseri telah secara terbuka membahas era pasca-berbagi foto yang sedang dimasuki Instagram dengan merangkul video dan lebih banyak konten yang disarankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement