Selasa 10 Aug 2021 03:06 WIB

Belanja Kebutuhan Dapur Secara Online

Aplikasi online untuk penuhi kebutuhan dapur seperti sayuran, buah, daging, dan bumbu

Petani memanen wortel. (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN
Petani memanen wortel. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 membuat orang harus mengubah pola pikir, perilaku dan menjalankan aktivitas dari rumah. Mulai bekerja dari rumah, sekolah daring, hingga berbelanja. Lalu bagaimana dengan kebutuhan makan sehari-hari? 

Sejauh layanan antaran dan belanja makanan online siap santap masih buka, tentu bukan masalah. Namun ada kalanya juga  rindu masakan rumahan yang benar-benar diolah sendiri. Hanya saja di tengah situasi pandemi, pergi ke pasar berisiko bertemu dan berinteraksi dengan orang lain.

Kondisi inilah yang jeli dilirik FreshBox, sebuah aplikasi online untuk memenuhi kebutuhan dapur. Mulai dari sayuran, buah buahan, daging, bumbu dapur dan beragam kebutuhan dapur lainnya. Dengan cara ini pula, FreshBox ikut mengedukasi masyarakat dengan kebiasaan baru di masa pandemi. Berbelanja aman, namun dengan jaminan produk yang diterima oleh pelanggan sama segarnya jika mereka membeli di pasar.

Founder FreshBox, Matthew James mengatakan FreshBox membawa konsep 'farm to table', yang artinya produk dipanen setiap hari dan datang langsung dari pertanian. “FreshBox dimulai dari sebuah mimpi oleh ibu saya untuk menjual sayur-mayur yang segar dikarenakan beliau sangat menyukai berkebun. Saya percaya akan mimpi beliau dan bersama dengan tim yang luar biasa, kami kembangkan FreshBox sampai apa adanya hari ini,” ujar Matthew.

FreshBox merupakan start-up company yang berawal menyuplai kebutuhan perusahaan yang bergerak di hotel, restoran dan katering. Berdiri sejak 2018 di bawah naungan PT Berkah Tani Sejahtera, hingga saat ini, FreshBox telah bekerja sama dengan ratusan klien di bidang hotel dan restoran.

Seiring kebutuhan masyarakat, Feshbox ekspansi dengan membuka layanan untuk end user. Pada akhir 2018, FreshBox mulai masuk ke dalam industri marketplace di Indonesia, yaitu ke JD.ID dan Blibli.com. Perusahaan juga mulai membuka offline store pertamanya di Mall of Indonesia (MOI), Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 2020, FreshBox yang terus berinovasi meluncurkan aplikasi layanan daring untuk pelanggan skala rumahan. Saat ini layanan FreshBox sudah bisa dinikmati oleh masyarakat di semua platform marketplace di Indonesia dan telah memiliki 5 offline store

Soal pasokan, FreshBox menggandeng para petani di Pulau Jawa untuk menyediakan supply sesuai dengan permintaan pasar. Dengan konsep jadwal produksi antarpetani, kerja sama ini menekan risiko hasil panen tidak terjual sekaligus membatasi persaingan di antara mereka.

FreshBox juga memiliki beberapa depo quality control yang lokasinya dekat dengan kebun, yang berfungsi memilah dan memilih hasil panen terbaik serta pengemasan yang aman, sebelum dilakukan final check. Tujuannya untuk memastikan produk yang diterima pelanggan tetap segar, aman dan berkualitas.

“Kami dapatkan produk langsung dari kebun sendiri dan mitra petani. Produk segar dikirim ke fasilitas pemrosesan di mana kami lakukan pemilahan order, quality check dan langsung lanjut untuk last mile delivery ke konsumen,” ujar Matthew.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement