Kamis 29 Jul 2021 13:12 WIB

Studi: Efikasi Vaksin Covid-19 Pfizer Turun Setelah 6 Bulan

Pfizer masih melakukan uji coba pemberian dosis booster vaksin Covid-19-nya.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer. Kemanjuran vaksin Covid-19 Pfizer menurun sekitar enam persen setiap dua bulan. Temuan tersebut didapat
Foto:

Menurut penulis penelitian, proses pertimbangan penggunaan booster memperhitungkan data laboratorium, data uji klinis, dan data kelompok, yang dapat mencakup data dari perusahaan farmasi tertentu. Namun, hal itu tidak bergantung pada data tersebut secara eksklusif.

"Kami terus meninjau data baru apapun saat tersedia dan akan terus menginformasikan kepada publik. Kami siap untuk dosis booster jika dan ketika ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa itu memang dibutuhkan," kata penulis.

Namun demikian, ahli penyakit menular AS Dr. Anthony Fauci belum lama ini melontarkan gagasan bahwa pasien dengan gangguan imun tertentu dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan dosis booster.

Dalam pertemuan panel penasihat CDC pekan lalu, para ahli merekomendasikan pasien immunocompromised (sistem kekebalan tubuh yang melemah atau terganggu) yang telah divaksinasi lengkap harus tetap memakai masker dan menjaga jarak sosial. Lembaga tersebut mempertimbangkan kebutuhan akan kemampuan booster di antara populasi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement