Kamis 22 Jul 2021 00:24 WIB

Sisa-Sisa Kapal Militer Ditemukan di Kota Kuno Mesir

Kapal militer itu ditemukan oleh misi Mesir-Prancis.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID,  KAIRO -- Penyelam menemukan sisa-sisa kapal militer yang langka di kota kuno Thônis-Heracleion. Kota kuno tersebut pernah menjadi pelabuhan terbesar Mesir di Mediterania.

Kota, yang menguasai pintu masuk ke Mesir di muara cabang barat Sungai Nil, mendominasi daerah itu selama berabad-abad sebelum berdirinya Aleksandria di dekatnya oleh Alexander Agung pada 331 SM.

 

Kota itu hancur dan tenggelam bersama dengan area luas delta Nil oleh beberapa gempa bumi dan gelombang pasang. KotaThônis-Heracleion ditemukan kembali pada tahun 2001 di teluk Abu Qir dekat Aleksandria, sekarang kota terbesar kedua di Mesir.

 

Dilansir di CNN, Rabu (21/7), dijelaskan bahwa kapal militer itu ditemukan oleh misi Mesir-Prancis yang dipimpin oleh European Institute for Underwater Archaeology (IEASM).

 

"Sebuah studi pendahuluan menunjukkan lambung kapal dengan dasar datar 25 meter, dengan dayung dan layar besar, dibangun dalam tradisi klasik dan juga memiliki fitur konstruksi Mesir Kuno," kata kementerian pariwisata dan barang antik Mesir.

 

Di bagian lain kota, misi tersebut mengungkapkan sisa-sisa area pemakaman besar Yunani yang berasal dari tahun-tahun pertama abad ke-4 SM. "Penemuan ini dengan indah menggambarkan keberadaan para pedagang Yunani yang tinggal di kota itu," kata kementerian. 

 

Orang-orang Yunani diizinkan untuk menetap di sana selama akhir dinasti Firaun. Mereka membangun tempat-tempat suci mereka sendiri di dekat kuil besar Amun. Kuil-kuil itu dihancurkan, secara bersamaan dan sisa-sisa mereka ditemukan bercampur dengan kuil-kuil Mesir. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement