Selasa 06 Jul 2021 15:05 WIB

Waspada, Bug Ini Bisa Bikin Repot iPhone Anda

Bug terdeteksi mengganggu jaringan wifi pengguna iPhone.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel iPhone / Ilustrasi
Foto: Flickr
Ponsel iPhone / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Sebuah laporan yang agak mengkhawatirkan muncul dua pekan lalu mengenai bug aneh yang menimpa iPhone. Bug aneh tersebut menyebabkan perangkat mereka tidak dapat terhubung ke titik akses WiFi saat digerakkan.

Untungnya, bug memiliki perbaikan sederhana meskipun tidak nyaman dan dapat dengan mudah dihindari dengan tidak menghubungkan ke jaringan nirkabel dengan simbol di namanya. Tetapi ternyata ada bug iPhone lain dengan karakteristik yang hampir mirip, hanya saja hampir tidak mungkin untuk dihindari dan lebih sulit untuk diperbaiki juga.

Baca Juga

Dilansir dari Slash Gear, Selasa (6/7), kerentanan asli melibatkan titik akses WiFi atau AP yang menggunakan tanda persen (%) dalam nama mereka. Dalam banyak bahasa pemrograman, simbol ini digunakan untuk menunjukkan bahwa karakter yang mengikutinya dimaksudkan sebagai perintah daripada huruf yang akan ditampilkan.

Di suatu tempat dalam kode iOS, ini dapat merusak kemampuan platform untuk terhubung ke jaringan WiFi apa pun sepenuhnya. Cukup dengan mengatur ulang pengaturan jaringan telepon membuat semuanya kembali normal.

Bug asli itu hanya dapat dipicu jika pengguna mencoba terhubung ke jaringan WiFi seperti itu, sesuatu yang paling harus dihindari sejak awal, bahkan tanpa bug ini. Sayangnya, eksploitasi kedua ini bahkan tidak memerlukan interaksi pengguna apa pun.

Menurut peneliti keamanan yang sama yang secara terbuka mengungkapkan bug pertama, bahkan berada dalam jangkauan jaringan bernama “%secretclub%power” sudah cukup untuk kehilangan semua fungsi WiFi dan kemampuan untuk terhubung ke jaringan WiFi.

iPhone masih bisa diperbaiki, tetapi tidak sesederhana mengatur ulang pengaturan jaringan. Seseorang harus mengatur ulang telepon sepenuhnya atau memulihkan dari cadangan jika tersedia. Seseorang sebenarnya masih dapat mencoba mencadangkan iPhone mereka saat dalam keadaan ini, tetapi mereka juga harus secara manual mengedit daftar jaringan cadangan untuk menghapus nama AP yang menyinggung.

Bug WiFi iPhone pertama lebih merupakan gangguan yang menunggu pengguna yang ceroboh. Namun, yang kedua ini adalah bug keamanan yang parah yang dapat dieksploitasi oleh siapa saja yang memiliki kontrol atas router WiFi atau hotspot. Sejauh ini, Apple tetap diam tentang masalah ini, tetapi bug baru ini dapat mendorongnya untuk setidaknya mengakuinya dan menjanjikan perbaikan segera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement