Selasa 29 Jun 2021 23:03 WIB

LIPI: Upakara Kumpulkan Masker Bekas untuk Didaur Ulang

Yayasan Upakara Persada Nusantara kumpulkan limbah masker medis dari DKI-Bandung.

Petugas DLH DKI mengumpulkan masker bekas sekali pakai dari tumpukan sampah rumah tangga untuk dimusnahkan dengan cara diinsinerasi, Jumat (13/11/2020). Yayasan Upakara Persada Nusantara mengajukan kerja sama dengan LPTB LIPI untuk mendaur ulang masker bekas.
Foto:

Sementara itu, peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) LIPI Akbar Hanif Dawam Abdullah menjelaskan, perlu perlakuan khusus terhadap sampah masker sebelum diberikan kepada layanan daur ulang. Masker bekas perlu disinfeksi agar aman untuk dibuang.

Dawam menuturkan, masker sekali pakai yang banyak digunakan selama pandemi Covid-19 terbuat dari plastik, mayoritas polipropilen (PP). Proses daur ulang limbah masker berlangsung dalam beberapa tahapan, yaitu sterilisasi, ekstrusi, dan pencetakan.

Proses ekstrusi pada suhu 170 derajat Celcius menghasilkan pellet/bijih plastik. Masker bekas dapat didaur ulang menjadi produk-produk yang bermanfaat seperti pot hidroponik, bak sampah, atau kantong sampah.

"Jika sudah menjadi biji plastik maka daur ulang hasil limbah masker dapat dibentuk menjadi benda apapun, sesuai dengan yang kita inginkan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement