Rabu 09 Jun 2021 11:02 WIB

Instagram Buat Program Monetisasi Baru

Influencer Instagram bisa mendapatkan komisi penjualan online yang mereka fasilitasi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: pixabay
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- CEO Facebook Mark Zuckerberg ingin Instagram dan Facebook menjadi platform bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang. Baru-baru ini perusahaan meluncurkan alat dan program monetisasi baru, termasuk cara bagi influencer Instagram untuk mendapatkan komisi dari penjualan online yang mereka fasilitasi.

Zuckerberg mengumumkan berita tersebut di acara perdana Facebook/Instagram Creator Week. Itu terjadi sehari setelah eksekutif mengatakan Facebook akan berhenti mengambil potongan pendapatan dari pembuat konten hingga 2023. Pada saat itu, pembagiannya akan kurang dari 30 persen bagian yang dikumpulkan Apple dan platform lainnya.

Baca Juga

“Tujuan kami adalah menjadi platform terbaik bagi pembuat konten seperti Anda untuk mencari nafkah,” kata Zuckerberg dalam sambutannya mengawali Creator Week, dilansir dari Variety, Rabu (9/6). 

Di antara program-program baru: Instagram akan mulai menguji alat afiliasi asli yang memungkinkan pembuat konten mendapatkan komisi untuk pembelian yang dilakukan oleh pengikut berdasarkan rekomendasi mereka. Penjual menetapkan tarif komisi mereka sendiri, dan postingan afiliasi akan diberi label “Memenuhi Syarat untuk Komisi” sehingga pengguna tahu bahwa pembelian mereka akan mendukung pembuatnya.

Program ini pertama kali akan diluncurkan sebagai uji coba dengan “kelompok kecil” pembuat konten dan bisnis yang berbasis di AS termasuk Benefit, Kopari, MAC, Pat, McGrath Labs dan Sephora. Zuckerberg mengatakan kepada grup pembuat konten khusus undangan bahwa program belanja afiliasi baru berarti “bahwa Anda dan seluruh generasi pembuat konten berikutnya akan dapat membangun bisnis di Instagram dengan merekomendasikan produk kepada pengikut Anda.”

Instagram memperkenalkan alat belanja lainnya untuk pembuat konten. Bagi mereka yang sudah memiliki lini produk sendiri, mereka sekarang dapat menautkan toko mereka ke profil pribadi mereka selain profil bisnis mereka-untuk memungkinkan para pembuat konten tersebut menampilkan dan menjual produk mereka langsung ke penggemar. Kemampuan untuk menautkan toko ke profil pribadi akan tersedia secara global mulai Selasa (8/6).

Selain itu, kreator Instagram akan dapat mendirikan toko baru dengan peluncuran produk eksklusif dengan menautkan akun mereka dengan salah satu dari empat mitra merchandise layanan: Bravado/UMG, Fanjoy, Represent dan Spring. Kemampuan itu akan diluncurkan ke semua pembuat konten yang memenuhi syarat di AS pada akhir 2021.

Terakhir, Facebook akan menambahkan lebih banyak cara bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang tambahan karena mencapai pencapaian tertentu saat menggunakan Lencana Instagram Live dan fitur tip digital Stars Facebook (tetapi perusahaan tidak merinci dengan tepat apa pencapaian tersebut).

Misalnya, mulai pekan ini, kreator Instagram memenuhi syarat untuk mendapatkan pembayaran tambahan jika mereka melakukan live streaming dengan akun lain dan menjual sejumlah Lencana dalam livestream.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement